Pages

How much I spent on HK-Macau trip?


A korea drama fans that loves travelling. Mungkin itu bisa menggambarkan alasan gw kemarin nekad traveling sendirian ke Macau dan HK. Well, sebenarnya tujuan utama gw solo travel kemarin adalah Macau. Niatnya simple, cuman pengen ke coloane village tempat syuting final scene drama korea princess hours, hehehe. Itu sepertinya wishlist yg terpendam cukup lama. Beberapa kali beli tiket ke Macau, beberapa kali juga tiket itu hangus (dan kemarin juga hampir ga jadi karena gw sempat ktinggalan pesawat!) dan akhirnya ketika kemarin sampai di Macau, rasanya legaaa banget, hahahah.

The final scene of Princess Hours!!

 Jadi, ini memang trip nekad. Pertama kalinya gw jalan sendiri ke Negara yang belum pernah sama skali gw kunjungi sbelumnya. HK dan Macau adalah Negara ke-empat gw untuk solo travel. Sebelumnya gw hanya solo travel ke Spore, Malaysia dan Japan. Ketiganya pernah gw kunjungi beberapa kali sebelum gw memutuskan untuk mengeksplore Negara tersebut sendirian. Karena udah pernah ksana, pas solo travel ga buta-buta amat lah yaaaa. Nah, pas ke HK dan Macau ini asliii ga ngerti apa-apa. Booking tempat untuk stay aja baru sehari sebelum brangkat. I don’t even have a plan where to go and how much I should spent there. Jalan ke HK dan Macau hanya berbekal duit 800 dollar HK yang gw tukerin smalam sebelumnya (karena Macau juga menerima dollar HK) dan kartu octopus card yang dipinjamkan teman.

Tram ding ding! another wishlist checked :)
 
Sebenernya gw paling malas menghitung berapa banyak duit yg gw keluarkan ketika traveling. I mean, it’s my trip anyway, how much I spent is up to me. Udahlah ngumpulin duit itu susah, masak pas mau ngabisinnya juga mesti dibikin susah sih? But then, traveling ga harus ngabisin duit koq. Its totally depends on the travel style, which is preference tiap orang pasti beda.

Klo dihitung-hitung – akhirnya gw ngitung juga karena penasaran, hueheh.

  • Pengeluaran terbesar tentu saja adalah tiket. Ini adalah awal dari segalanya. Makanya di kalangan para backpackers tiket promo itu bisa bikin kita lupa segalanya, hahahhaha.  Kebetulan gw memang dapat tiket promo KL-Macau jaman air asia sering bikin promo. Tiket ini udah gw beli sembilan bulan sebelum keberangkatan. Harganya? Ehm, 113 ringgit saja. Klo dirupiahkan dgn kurs 3500 (which is skarang kayaknya lebih murah), ya anggaplah 400rb untuk return trip KL-Macau. Asumsi gw waktu itu, klopunn gw gagal jalan lagi ke Macau, at least gw hanya akan rugi 400rb saja. So it’s a good deal.
  • Nah, berikutnya tiket JKT-KL. Karena belum yakin akan berangkat atau gak, gw akhirnya baru beli tiket ini seminggu sebelum tanggal keberangkatan. Berharap menemukan tiket murah, tapi ternyata tiket ke KL mahal banget pas tanggal yg gw mau. Akhirnya decide untuk nyoba naik Malaysia Airlines (agak gaya, backpacker tapi naik full board airlines, hihihi), dgn harga 1,2 jt for return trip. Total untuk tiket jadi IDR 1,6 jt ya, walopun mesti kluar-masuk imigrasi, hahahah.
  • Sempet ketinggalan psawat ke KL karena gw ksiangan bangun, jadi harus beli tiket baru Tiger Air ke HK, transit Spore, yg harganya IDR 1,5 jt skali jalan. Nyesek, but its my fault anyway.
  • Jalan ke HK bawa duit 800 dollar HK dan 26 dolar spore. Transit 7 jam di Spore yang ada gw jajan mulu. Makan di food court terminal 2 Changi habis 9 dollar. Trus sisanya jajan dan jajan dan jajan biar ga ngantuk (takut ketiduran dan ketinggalan psawat lagi, hahahah!), jadi total habis 20 dolar sing lah slama transit. 
  • Sampe HK langsung top up octopus card 100 dollar buat naik MTR dan Bus. Ohiya, bisa buat jajan juga. Tiap jajan di sevel gw slalu pakai octopus card biar ga perlu ada kembalian koin. Praktis banget! 100 dollar ini habis buat naik bus, tram, MTR dan jajan bolak balik di sevel, huehehe. Padahal gw di HK cuman shari aja lhoo.
  • Buat makan, jajan dan transport diluar octopus selama di HK dan Macau for that three days, kayaknya habis 355 dollar HK. Sekali makan di HK dan Macau itu rata-rata 30-50 dollar. Dan gw bukan orang yg rewel, jadi makan apa aja ayuk. Klo ga nemu makanan yang aman, the best choices, gw makan di fast food chain smacam KFC atau McD. 
 
  • Nyebrang dari HK ke Macau naik Turbo Jet. Gw naik ini dari Hongkong China Ferry Terminal di Kowloon bukan yg di Central. Tinggal jalan kaki dari hostel gw di Nathan Road, naik Turbo Jet yg entah knapa dapat diskon 10%, jadi gw hanya bayar 150 dollar HK saja for one way trip (aslinya skitar 164 dollar HK).
  • Oiya, hostel. Gw book tempat tinggal di HK dan Macau through airbnb. Ini pertama kalinya nyoba airbnb. Ntar terpisah, gw coba review deh. Awalnya udah desperate banget ngecek harga hotel Macau lewat Agoda, semua ratenya di atas satu juta permalam. Beuuuh, sempat kepikiran buat nginep di airport klo emang ga nemu tempat yang ramah di kantong. Tapi Alhamdulillah, nemu kamar yg disewain buat dormitory dengan harga yg reasonable. Di HK gw stay di newly established hostel di daerah Nathan Road, persis di depan Kowloon Mosque. Sementara di Macau, gw tinggal di apartemen orang di daerah red market. Total for accommodation, gw spent sekitar 650rb lahhh ya, untuk HK dan Macau, dua malam saja.
  • Another transit di KL for 7 hours. Di KL gw memutuskan untuk book capsule hotel for 6 hours just because I’m too tired to sleep on the floor. Biasanya sih bisa ngemper di sofa foodcourt atau tidur slonjoran di lantai deket departure area, tapi malas aja kucing-kucingan ma petugas airport. KLIA is not as friendly as Changi airport. Capsule Hotel for 6 hours harganya 80 ringgit, dikurskan dgn kurs kartu kredit gw jadi skitar IDR 280rb. Trus karena laper jadi tuker 100rb ke ringgit yg habis buat gw beliin makanan dan jajan, huehehhee. So, expense di KL skitar IDR 380rb.
  • Sbagian dari 800 dollar yg gw bawa itu habis buat blanja-blanji. Gw bukan orang yg suka blanja, prefer to spent the money buat jajan daripada belanja barang. Tapi HK is just irresistible! Beneran, HK itu bisa bikin orang yg gak suka blanja jadi kalap belanja, karena murah banget, heheueuehe. Tapi blanja mah subjektif lah yaaa, jadi ga perlu diitung karena ini bukan bagian dari primary needs slama traveling.

Jajanan favorit gw : banana milk made in HK!
 
OK, jadi mari kita hitung semua pengeluaran (pakai 1 HKD = IDR 1780 aja yaa)
Return tiket : IDR 1,6 jt 
(yg tiket tiger ga usah dhitung lah yaaa, scara itu salah gw sndiri, hihihi)
Octopus card : 100 HK dollar (IDR 178rb)
Turbo Jet : 150 HK dollar (267rb)
Airbnb  : IDR 650rb
Jajan+makan+transport tiga hari di HK dan Macau : 355 HK dollar (632rb)
Spore : 20 SG dollar anggaplah setara IDR 200rb
KL : IDR 380rb
Maka total expense sekitar IDR 3,9 jt.
 
Ini itung2 an rough aja ya, aslinya mungkin lebih kecil dari itu, karena gw pakai kurs HKD yg lumayan tinggi. Klo ga hobi jajan macam gw ya, mungkin pengeluaran lebih bisa ditekan, hueheheh.
Total lima hari dan empat malam ngetrip, dua malam diantaranya di transit airport.
Ketemu temen-temen baru sesama solo traveler. Ketemu host airbnb yang super baik. Banyak cerita dan pelajaran yang gak bakal dilupain.
Duit yang gw keluarkan mungkin gak seberapa, tapi experience yang gw dapat dari traveling, priceless.

Tidak ada komentar: