Pages

Jalan-jalan (nyasar...^_^) ke Penang & KL

Sudah sebulan lewat, tapi baru punya waktu buat share cerita jalan2 kemarin. Rada2 nekat sih, ini pertama kalinya gw backpackingan ke luar negeri sendirian. gr2 temen yg tiba2 cancelled di last minute. Bayangin, flight gw berangkat jam 6pagi di hari sabtu, temen gw baru confirm cancel jumat malam jam 9. Bah, gw langsung panik, kebayang jalan2 sendiri di kota yg gak gw kenal. Untungnya gw sudah banyak browsing2 soal penang. Trus gw langsung browsing2, cari tempat stay di KL. Cuman make sure, gw sudah book semua nya sebelum gw berangkat. well, gw solo trip nih, jadi preparation juga mesti lebih matang. Untungnya teman ku yg batal berangkat itu, membekali sy uang 500RM utk 4 hari sy travelling. hahahah. lumayan lah...

Nasib tiket murah adalah, klo ga pagi2 banget brangkatnya ya malaam bgt. Dan ga boleh complain. ada harga, ada rupa, gitu kan klo kata orang. jadi berhubung ini tiket murah, ya udahlah yaa, terima aja. hehehe. Karena tiket gw jam 6pagi, alhasil jam 3 pagi gw udah brgkt ke erpot. Jam 3 pagi saudara2!! gw rasanya kayak maling waktu kluar dari kost jam 3pagi deh.. udah gitu, waktu nyampai erpot, system air asia nya lagi down! jadi check in tuh manual bgt. alias lamaaaa bgt, jadi antriannya mengular kemana2..huhuhu...

Tapi, so far air asia lumayan loh, jarang delay. Jam 10an gw udah sampai di Penang atau Bayan Lepas international airport. woohooo. waktu di sana 1 jam lebih cepat dari waktu jakarta. Dan orang2nya cukup ramah. Gw ga perlu berbahasa inggris all the time, coz mereka juga pakai bahasa melayu koq. Kluar dari airport, gw berniat langsung ke Hotel, karena udah book Tune Hotel dari agoda.com. Tune Hotel ini adanya di george town, yg kira2 45menit an dari airport. Bisa ditempuh dengan taxi, atau bus. Sebagai traveller dengan budget pas2an, tentu bus adalah pilihan saya satu2nya, hehehe. Cukup naik ke lantai 2, disitu ada tempat kita bisa naik bus hanya dgn 2.7 RM, atau kurang lebih 8000rupiah lah. lumayan kan? bus nya semacam busway di Jakarta, walopun ticketing nya manual bgt. Sebelum naik ke lantai 2, di deket pintu keluar ada loket tourism Malaysia. bebas ambil brosur wisata yg mana aja. Lumayan, bisa dapat panduan jalan2, peta gratis dan mesti ngapain aja di penang, hehehe...
Tujuannya naik bus satu : KOMTAR. ini semacam pusat bus di george town. Tune Hotel ga jauh dari sini, jadi ini tujuan utama gw.

KOMTAR gedung tinggi yg legendaris :)
Ini KOMTAR, gedung tinggi yang katanya dulu sangat rame. Sayangnya skrg, agak tidak terurus. Di dalamnya, hmm...sama kayak Pusat grosir2 yg ada di jakarta. ada KFC juga sih di dalam, sama jualan souvenir gitu.... Gedungnya sih tinggi, tapi yang kepakai kayaknya cuman beberapa lantai. Soalnya lantai2 diatas itu kebanyakan gelap, sepertinya sudah ga pernah dipakai lagi... sayang yaaa... Padahal pemandangan dari lantai atasnya pasti spektakular banget... :)

anyhow, begitu liat gedung tinggi ini gw langsung turun dari bus. Dan KOMTAR ini juga deket sama Prangin Mall, salah satu mall yg lumayan gede di George Town. Di sini gw sempetin beli kartu lokal, buat nelpon ortu di rumah. harga nya 18RM, sudah trmasuk pulsa 15RM. dan pulsa ni ga habis2 gw pakai nelpon kemana2 slama gw di Malay, irit deh.hahahaha.

Sampai di KOMTAR, gw sempet nyasar nyari jalan burma, tempat Tune Hotel Penang. takut kebablasan, gw trpaksa naik becak, kena 6RM. Padahal becaknya cuman tinggal belok sekali, ehhh udah keliatan Tune Hotel. huhuhuhu, nyesel naik becak, soalnya deket bgt dari KOMTAR... Nahh, setelah menyelesaikan check in de el el, gw pun memulai petualangan di hari prtama di penang. awalnya sempet malas sih, habis jalan2 jam 2siang? panaaass bnget penang. Tapi, masak gw jauh2 ke Penang cuman nongkrong di Hotel? akhrnya, berbekal air minum, kacamata hitam gw berangkattttt. Balik ke KOMTAR lagi, soalnya semua bus berangkat dari sana. Sekalian cari tiket bus ke KL, soalnya minggu nya gw berencana ke KL, pingin liat KL tower. setelah muter2 di beberapa agent, gw dapat tiket hari minggu sore ke KL, harganya 35RM.

Habis dapat tiket, tujuan gw berikutnya adalaaaah Kek Lok Si Temple!! Ada yg lucu waktu ke sini. masuknya kan mesti naik tangga tuh, yang banyaaaak bgt, dan di sepanjang jalan itu banyak souvenir shop. Nah, saking asiknya, liat2 isi temple yg guede banget itu (ada patung raksasanya dewi kwan im di temple ini) dan beneran, pemandangan dari temple ini tuh luar biasa banget. mungkin karena letaknya di ktinggian kali ya. Pokoknya, gw baru pulang setelah toko souvenir di dalam temple tutup. Gw lihat jam tangan, ah masih jam 5, temple tutup jam 5.30...jadi gw masih punya waktu utk muter2 bentar. Eh, bgitu turun temple, pintu keluar yg tadi tempat gw masuk udah ditutup. Panik. Gw coba cari pintu keluar lain. Adanya cuman pintu keluar ke Jalan besar, yg agak2 spooky karena sepi. Gw coba tanya ke org temple, siapa tahu ada jalan lain yg gw ga tahu. Trnyata jalan satu2nya yah cuman itu...jalan nan sepi yg disepanjang jalan cuman ada...hutan... Dan gw baru nyadar, jam tangan gw masih waktu jakarta, which is lebih lama sejam!! kamfreettt. gw lupa klo Penang lebih cepet sejam! Pantas aja, pintu keluar dah ditutup semua, ini sudah jam 6 lebih waktu penang...argghh kacau dah... Gw terpaksa jalan hampir 1km, yep, di Jalanan yg sepi ituuuu, demi nyari bus balik ke KOMTAR...hadeuh...

ini Kek Lok Si temple yg guede banget ituuu
Dan belum berhenti sampai disitu. Mungkin gr2 kecapekan jalan sekilo, gw ketiduran di dalam bus yg ber AC itu. Daaann, lagi2 saya nyasar. harusnya turun di KOMTAR, gr2 ketiduran, gw jadinya turun di Jetty. Masya Allah... ada2 aja dah...

Trus, abis makan (gw makan seafood di sebelah Hotel...lumayan spicy...) gw langsung tidurrrrr, ga kmana2 lagi deh... capek, hahahhahaha... :P

Hari ke 2 travelling.

sarapan sayaaa, white milk teaaaa
Pagi2nya, gw sarapan di old town white coffee yg letaknya ada di pujasera new world park. Pas di sebelah hotel. hehehe. Tune Hotel mang strategis koq. Dan disini sy menemukan white milk tea yang enaaakk bangetttt. nyam nyam nyam. Gw sampe borong beberapa dus utk dibawa pulang. enaakk soalnya, hehehe. nah pagi ini, gw berencana walking2 ala tourist beneran. Naik bus gratisan, hihihihi (maklum, modal pas2an...). Bus gratisan ini, berhenti di spot2 menarik di seluruh kota. Jadi kita tinggal turun klo tertarik dgn objek wisata di dekat tempat pemberhentian, dan nunggu bus itu lagi di halte2 yg disediakan. Seandainya saja di jakarta ada ya bus gratisan utk wisata macam ini..hihihihi...

penang peranakan mansion
Nah, tujuan gw emang cuman satu : halte 3, little india. soalnya mau ke Pinang peranakan mansion. semacam museum. As always, sy nyasar lagi ketika nyari tempat ini. Habis ga ada alamt pastinya, di guide book cuman disuruh turun di halte little india doank. Terpaksa nanya2. Tapi ada Bapak2 India (ya iyalah, scara ini di kampung india, namanya juga little india..) yg baik hati, mau nunjukin penang peranakan mansion ini. Waktu tahu gw dari Indonesia, dia excited bgt. dia bilang dia punya temen tinggal di surabaya. hahaha. dan waktu sampai di mansion, dia bilang klo bahasa inggris gw ok. Hmmm...biasa bgt deh. entah kenapa, indonesia people di sini emang agak di under estimate. Bisa ngomong bhasa inggris sdikit aja, mereka ngira gw org filipine. bah! back to the mansion. Kita mesti bayar 10RM untuk keliling di mansion ini. Dan mendingan pakai guide ya, klo mau keliling2, biar lebih jelas jalan cerita sejarahnya. Ini rumah yg unik banget, khas culture baba-nyonya di penang. Culture yg ada ketika seorang perempuan lokal penang menikah dgn pria cina keturunan. disebutnya baba-nyonya culture. Tapi lucu juga sih. di mansion ini dipajang kebaya2 buatan Indonesia. Dan guide nya jujur bgt, bilang klo kebaya2 ini made in Indonesia, hehehe. Atau jangan2 karena gw org Indonesia yg ada disitu yaa, secara turis2 yg lain buleee semua....

Finished my small trip. Gw langsung balik ke Hotel, ngejar bus gw yg berangkat jam 3sore dari penang ke KL. waktu naik bus, wooww excited. Busnya lega banget, formasi 2-1, dengan kursi yg nyaman. hehehe. full AC. Lumayan lah, worth it jadinya 35RM yg gw keluarkan. Gw langsung pasang posisi yg pewe, soalnya perjalanan Penang-KL ini bakal makan waktu 5jam! huhuhuhu.. Sebenernya alasan gw selain pingin liat KL tower adalah pingin liat Penang bridge, heheheh. Penang bridge ini, jembatan yg menghubungkan Pulau Penang dengan Malaysia. Panjangnya 13.5 km. Jadi klo naik bus melewati jembatan ini, serasa melayang di atas laut biru, saking panjangnya jembatan... setelah melwati jembatan ini, bus langsung masuk ke highway, smacam jalan tol, yg kanan kirinya banyak kelapa sawit. Pemandangan ga berubah setelah beberapa lama, jadi gw memutuskan buat tidur sebelum sampai di KL.

LRT Hang Tuah
Gw terbangun waktu denger org ribut2 pingin turun di pinggir jalan, padahal bus belum sampai ke terminal. Terminal bus dipindahkan ke bukit jalil yg jaraknya lumayan jauh dari kota. Hmm...trnyata ga cuma di Indonesia, hahaha. di sini penumpang juga bisa turun dimana aja. Dari kjauhan, gw sempat liat Petronas yg berdiri megah dengan lampu2 nya yang berpendar2. waaahhh, saya sudah sampai di KL rupanya!! woohoo. jam di bus sudah menunjukkan pukul 9 malam. waduh. sudah malam sekali yaaa. Pertama kali nya gw ke KL naik bus, keliaran sendirian jam 9 malam. sempet deg2an sih. apalagi belum ada bayangan sama sekali terminal bus bukit jalil itu seperti apa. Klo kayak kampung rambutan gitu kan serem juga ya malam2. Tapi, nekat ajalah. Bismillah, ga bakal ada apa2. Dan Alhamdulillah Allah denger doa ku mungkin ya. Waktu turun dari bus, gw langsung cari LRT Hang Tuah buat ke bukit bintang. Gw kenalan sama cewe, yg trnyata dia dari ipoh, mau lanjut kuliah di KL. Terus jadinya gw bareng dia deh, dikasih tahu tempat beli tiket LRT, trus ntr mesti turun dimana. System LRT dan MRT nya hampir sama seperti di singapore, tapi very manual. Hal2 seperti ini yg bikin gw senang travelling. You never know what will happen to u :) ... terjebak di tempat baru yg kita ga tahu apa2. Tiba2 banyak sekali ketemu orang2 baik yg selalu mau bantu. God is good, my friends... :)

Dari LRT ini gw berganti MRT, dan tadaaaaa....I'm arrived at Bukit Bintang!! Yaaayyy!!!... Kawasan shopping dan tempat nongkrong backpackers di KL. Ramaaiiii banget. Karena pas gw kesini, ada acara nonton bareng final world cup 2010. Ada big giant screen di situ dan orang2 pada heboh bawa2 terompet. Pokoknya Bukit bintang berubah jadi lautan manusia deh.

Hostelkuuuuu Bedz KL
Untungnya hostel yg kutuju deskripsinya jelas banget dari hostelworld, jadi kali ini aku ga nyasaaarrrr...heheheh..horeeee... aku bisa menemukan Bedz KL, padahal letaknya ga terdeteksi lohh. Kecil, mungil, di pojok an gitu. Klo bukan karena rekomendasi di internet, pasti ga bakal gw ngeh sama hostel ini..
Nyampe di hostel ini, jam 10 malam!! tapi bukit bintang masih sangat rameee... gw milih dormitory room yg female only. semalamnya cuman 33RM alias 100rb lah. murah meriah. Sekamar ada 6tempat tidur. Tapi yg terisi waktu itu cuman 4, termasuk gw. 3 org lainnya cewe2 bule. Salah satunya, namanya Laura, traveller dari London. Dia udah keliling2 Malaysia for 2 weeks. dan waktu gw tanya, sampai kapan travelling? she answer easilly : I have no idea. maybe, I will travelling for another one month, 2 month, or 1 years.. ohhh greattt. Jawaban khas backpacker Europe yg kbanyakan duit. Laura bilang, dia kerja di London, tp skrg resign karena dia pingin jalan2, to see the world... hhmm..i wish i could do the same things...
Tapi klo gw mungkin mesti kerja puluhan tahun dulu ya baru bisa begitu? Hahaha.

Malam ini, gw decide utk dinner ga jauh2 dari hostel. So, gw milih makan di jln alor, sambil lihat orang yg wira wiri dengan terompetnya. Penuh dengan org berbaju orange dan biru. Semua orang larut dalam euforia final world cup. Selesai makan, pingin jalan2 sebenrnya, tp karena udah malam banget hampir jam 12 dan terlalu banyak orang, jadi gw balik ke hostel. Eh, di jalan pulang, trnyata nemu durian... jadilah gw nongkrong lagi makan durian. Hahahaha. Nyam nyam nyam.

Hari ke3 travelling.

KL tower yg kliatan dari BB
Pagi ini saya sempatkan jalan2 pagi muter2 bukit bintang sambil cari sarapan. Banyak banget ternyata guest house dan hostel2 di sepanjang jalan alor atau changkat bukit bintang. Next time ke KL, mau coba stay di hostel yg lain juga ah, biar ada pengalaman baru. Ga sengaja gw lihat KL tower di kjauhan. wahhh, brarti ga jauh2 amat donk dari hostel. Klo lihat peta MRT, gw mesti naik MRT turun di bukit nanas, trus jalan kaki juga. Yahhh, mending gw jalan kaki aja ya dari bukit bintang. Pas tanya2 ke org hostel, trnyata emang deket, paling 15 menit jalan kaki katanya. waahhhh, smangat 45 dooonk gw. lumayan, menghemat ongkos lagi klo bisa jalan kaki, hehehe. Abis mandi, packing, ransel gw titipin di hostel, soalnya jam 3 sore gw mesti balik lagi utk nyari bus balik ke Penang. Maklum, Flight gw udah tiket PP jakarta-penang, jadi tetep harus balik ke Penang. Yak, mulailah bertualang nyari jalan ke KL tower. Kali ini nyasar.... (-_____-"). Orang2 KL yg gw tanya cuek2 banget. hhhhh, beda banget ma di Penang yg ramah2, disini mereka ditanyain jawabnya klo ga geleng2 kepala, ga tahu, atau pls ask others. huh, ga beda ma Jakarta. akhirnya gw nekat jalan aja where the foot takes me, sambil menjadikan puncak KL tower sbagai acuan. Klo dah ga kliatan, brarti gw udah kjauhan, hehehe. Untungnya di tngah jalan, ketemu keluarga bule yg juga jalan kaki dan punya tujuan sama seperti gw, nyari KL tower, yippii dabadababum... ada temennya. at least klo nyasar ga sndirian, hihihi. Trnyata, KL tower mang ga jauh2 bngt koq. asal kuat jalan kaki ajaaa, hahahha.

bekal keliling KL
Feels soo excited waktu akhirnya nyampai, tapi berubah menjadi sedih waktu liat harga tiketnya. hiks. 38RM cuman utk naik ke KL tower!! mahaaaallll... tapi yawdalah, udah jauh2 kesini, masak ga jadi naik? akhirnya melayang juga 38RM gw.. hiks.. mana belum beli tiket bus ke Penang lagi..:( Tapi sewaktu nyampe di observatorium desk nya di ketinggian 274M, wooowww...speechless. KL tower ini menara komunikasi tertinggi ke 5 di dunia skrg. Dan di atas, kita dapat earphone yg bahasanya disesuaikan dgn keinginan si turis. Gw memilih bahasa melayu :). Isi earphone, kita diceritain sejarah dan tempat2 menarik di Malaysia. Petronas pun keliatan dari sini. hehehe. gw bisa melihat KL dari ketinggian dgn view 360degrees! Klo punya duit lebih, sbenernya pingin makan di restoran yg bisa berputar di KL tower ini. Klo malam pasti keren abis viewnya...sayang ga punya waktu sampai malam di KL... ga punya waktu dan lebih penting lagi, ga punya duit gw..hehehehe... Lucunya dari atas, gw bisa ngeliat HardRock cafe KL ga jauh dari KL tower. Dan gw pun merubah rute, mampir ke HardRock cafe dulu sbelum ke Petronas twin tower. Ga sempet ke HardRock cafe penang, lumayanlah bisa ke HardRock cafe KL, heheheh. Ohya, banyak org bilang, hati2 klo naik taxi di KL, karena supirnya kadang suka seenaknya pasang tarif. Alhamdulillah, itu ga kejadian sama gw. Sekalinya gw naik taxi, malah ketemu sama supir taxi yg religius abeeesss. gw diceramahin soal berbuat baik di dunia ini. hahahahaha. seruuuu dan lucuuu sih. dari ngobrolin cuaca tiba2 berubah jadi ceramah.. :)

Hari smakin sore, gw mesti cepet2 balik. dari petronas twin tower, gw makan siang di suria KLCC, trus balik hostel ambil tas ransel dan langsung cabut ke MRT menuju ke bukit jalil. Disiniii gw nyasar lagiiiiii. buset dah. gw salah naik kereta, hehhehhee.. harusnya naik ke bukit jalil, gw malah naik ke ampang, tujuan yg berbeda. untuuung nyadar sebelum nyasarnya kejauhan (-___-"). Sampai di bukit jalil agak bingung, dimana caranya beli tiket bus. Eh lagi2 ada yg mau bantuin, cewe berjilbab yg katanya mau balik juga ke Penang, Nur namanya, jadi dia nyuruh gw ikut dia biar beli tiket bareng2. Alhamdulillah banget. Di sini banyak banget calo yg teriak2, macam di Indonesia, sama persis! Untungnya gw bareng Nur, jadi ga keliatan bego2 banget, hehehe. Dia langsung beliin tiket bus ke penang, sama dapatnya 35RM juga. dan langsung berangkat bus nya!! woohoooo... Alhamdulillah, jadi ga malam2 banget nyampainya di Penang. Bus gw trnyata beda sama Nur, jadi gw pisah deh sama dia. Sampai di bus, langsung tidurrrrr....

Singkat cerita, gw keliaran di terminal sungai nibong jam 10 malam, nunggu bus rapid penang yg ke KOMTAR. klo naik taxi, mahal, bisa kena 25RM. mending nunggu bus dah, cuman 2RM. nyampe Hotel (Tune Hotel lagiiii), mandi, langsung tepar di kamar. Kali ini kamar yg gw pesen ga pakai AC, jadi harganya cukup 150rb. Tidur setidur2nya stelah 5jam di bus, badan kelipet2 ga karuan..

Hari ke 4 travelling.

teman backpackingan kuuuuu
It's time to go homeeeeee. flight sy jam 12siang. jadi ga bisa kemana2 juga. dari Hotel cuman sempet ke old town white coffee beli white milk tea nya yg enak sangat itu. trus langsung balik ke erpot. Hufffffff..... masih belum puas sih sebenernyaaa... masih kangen sama Penang.... masih pingin puter2 kota penang yg luar biasa cantik ini... masih pingin ke pantainya... masih pingin ke Penang hill nya.. aarrgghhh, masih banyak tempat yg belum gw lihaattt... hiiks...