Pages

Si Ndut

Ketika kesabaran dan ketekunan dalam mengejar sesuatu berbuah manis, rasanya lega sekali. Itu yang gw rasakan ketika denger berita, kalau finally, adik gw si ndut dapat her 1st job!


Well actually not really her 1st job. Lets say, kerjaan kantoran pertama deh, hehehe.

Si Ndut -that’s how I call her- adalah adik gw, yg punya sifat...well agak berbeda dari gw. Segimana bedanya? Gw malas, dia rajin. Gw ga hobi belanja, dia hobi banget nget nget. Ambasador sama Tanah Abang itu favoritnya klo di Jakarta. Gw bosanan, dia tekuuun banget klo ngrjain apa2. Gw gampang kurus, dia gampang gendut. Eh tapi soal selera makan mah samaaaa...hihihihi..

Jadi si Gendut ini emang lebih rajin dan tekun dari gw. Walopun soal intelegensia, kayaknya masih agak kalah dari gw –narsis dikit ga papa ya, hehehe *siap2 ditimpuk*. Tapi gw belajar bahwa, pinter means nothing klo lu ga mau blajar dan rajin. In this case, adik gw lah contoh-nya.

Jaman mau kuliah dulu, pikiran gw cuman satu : cari tempat kuliah yang murah semurah-murahnya, due to financial reason of my family. Secara yaaaa, informasi2 beasiswa buat lulusan sma jaman dulu ga sebebas skarang, jadilah gw stuck dgn pilihan2 yang itu2 aja. Pengertian kuliah murah adalah masuk ke perguruan tinggi negeri. Alhasil, gw pun mengejar hal yang sama. Dengan santainya, gw ikut UMPTN (jaman dulu yaaa) tanpa ada preparation apa pun. Alasannya dua : sayang ngeluarin duit mahal2 cuma buat les dan malas. Hasilnya? Jelas.....gw ga lulus, heheheh. Jadilah, ambil plan B, masuk politeknik negeri karena biaya kuliahnya yang murah (waktu jaman gw dulu masih 500rb-an/semester).

Masuk Poltek, jujur, sama sekali bukan impian gw. Pertama, itu D3. While, mostly good jobs require S1. Diploma definitely not my choice actually. Kedua, satu2nya jurusan selain teknik yang memungkinkan untuk gw ambil cuman accounting, dan gw benci akuntansi!! Fiuuhh, have no idea why I took this subject. Jangan salah, gw lulusan IPA jaman SMA dan nilai eksak gw juga ga jelek2 amat, tapi yaaa ituu... balik ke masalah gw yang paling utama : gw malas ngitung, malas mikir yang ribet2. Jadi gw pikir, ya udahlah yaaa, lebih baik gw berdamai dengan accounting tapi masih bisa agak santai daripada ngitung2 mulu, hehehe.

Bandingkan dengan si Ndut. Dari waktu SMA, dia udah tahu jurusan impiannya : Hukum Brawijaya. Gara2nya, dia pernah study banding kesana jaman dia SMA klo ga salah, dan balik2 dia bilang ke gw : “Mbak, ntr aku mau kuliah di Hukum Brawijaya! “

Gw yg denger ucapannya, cuman manggut2 sambil mikir ‘ni anak kesambet apaan yaaa’ :D

Tapi si Ndut yg gendut itu (ya iyaalahhh!! Klo gak, knapa juga namanya si ndut??) , ternyata serius dengan niatnya itu. Jauuuh sebelum UMPTN dimulai, dia merengek2 minta les persiapan UMPTN yang harganya mahal ituu. Dan dengan penuh percaya diri (alias nekat), she put Law Faculty Brawijaya as her 1st option. Dan ternyata, she did it. Sekarang, namanya adalah Varadina Kusuma Dewi, SH. Dengan gelar sarjana di belakang namanya. Sarjana Fakultas Hukum Brawijaya. Sementara gw? Yepp, masih berjuang meraih gelar sarjana gw, hahahhaa. How ironic is that, hah?

Dan sekarang pun hal yang sama terjadi. Alhamdulillah, gara2 masuk poltek, i’ve got my first job even before I graduated from my college. Hal yang sama tidak terjadi ke adik gw. Dia mesti berjuang ikut tes kesana kemari for almost 8month. Selama 8bulan itulah label ‘pengacara’ alias pengangguran banyak acara melekat di dirinya. Suatu hal yang tidak mudah sebenarnya. Klo gw ada di posisi itu, gw ga yakin apa gw masih bisa ketawa2 setiap hari.

Disaat gw teriaak2 malas kerja, adik gw malah bilang pelan “ gw pingin kerja...”.

Disaat gw mencoba menyemangati setiap dia test, dia cuma bilang “ Insya Allah, smoga rejeki ku...”. -kadang klo dia ikutan test dan udah sampai tahap interview user (which is untuk sampai ke tahap ini, dia mesti ngelewatin test yg berlapis2, termasuk interview dgn psikolog dulu), gw lah yg lebih bawel nanya2 hasilnya. Sementara dia santeee bgt, dgn keyakinan klo rejeki ga bakal kmana.

Tapi keyakinan dan keinginan itu tetap dia pegang, sampe sekarang ketika dia akhirnya diterima kerja di salah satu perusahaan BUMN yang bergerak di bidang konstruksi. Booo, testnya aja dari Januari sampe Mei. Nunggunya udah bikin lumutaaan. Jadi kayaknya, memang hanya orang2 sabar yang bisa diterima jadi pegawainya. Hehehe.

Tapiii, sekalinya diterima kerjaaa, dia langsung masuk ke level salary dimana gw butuh 3tahun untuk mencapainya. Sekali lagi, betapa gw membenci perbedaan level antara D3 dan S1, padahal yaaa gw rasanya mengerjakan hal yang sama dengan yang para S1 itu lakukan. Well, anyway...thats life. Hahaha.

Si ndut skarang resmi menjadi mbak2 kantoran BUMN.

Kantor yang rela ngebayarin 100orang anak baru untuk ikut outbond selama sminggu. Kantor yang kebanyakan duit.

Kantor yang rela ngadain induction training selama satu bulan penuh, lengkap dengan makan siang dan segala fasilitasnya. Satu bulan penuh dan mereka digaji full. Bandingkan dengan kantor gw yang ngadain induction training 2 hari aja, udah diburu-buru ma kerjaan, alias para bos ga rela anak buahnya digaji cuman buat ikut training.

Kantor yang rela ngasih uang dinas ratusan ribu rupiah per harinya untuk dinas luar kota. Macam PNS ajaaaaa.

Kantor yang –sumpah yang ini bikin sirik abis- merencanakan untuk ngasih karyawannya THR 2x gaji!!! Cobaaaaaa, perusahaan swasta manaaa yang bisa kayak gitu?? Gw mau apply skarang!!

Tapi satu hal yang gw belajar dari si Ndut: sabar, tekun, dan berdoa. Allah akan kasih kado yang luar biasa untuk orang2 yang mau merubah nasibnya. Klo si Ndut bisa, kita juga bisa kan?

Selamat Bekerja Ndut! Selamat menikmati dunia baru mu! 

Tidak ada komentar: