Pages

Seoul's food (yang gw coba....)

Hari libur dan hujan. Buat gw sih ini konotasinya cuman satu, makan! Hehehe. Iyalahh, hujan itu identik dengan nafsu makan yang menggila. Eh ini sih kamus gw ya. Dan sementara di luar ujan, gw pun kepikiran untuk posting tentang makanan2 yang sempat gw cobain pas taun lalu ke Seoul. Sambil berharap, semoga tahun ini ada kesempatan untuk mencicipi makanan lain di negara asal Super Junior itu. Amiiin (terima kasih koor-nyaaa...^^)
Postingan makanan berdasarkan urutan waktu gw memakannya, hahahhaa.
1.       Kue Ikan dan roti telur (street food). Ini adalah makanan pertama yang gw makan setibanya gw di Seoul.  Kebetulan dekat stasiun myeongdong ada  ahjumma yang jualan kue di pinggir jalan gitu. Rasanya enaaakk banget (apa karena waktu itu gw emang laper bgt ya? Hihihi). Tapi beneran, rasanya enak. Kue ikannya, ya kue isi kacang yang berbentuk ikan. Sementara roti telurnya, roti bulat yang ada telur kecil gitu di tengahnya. Nyammm. Harganya juga cukup murah, klo ga salah 1000 won dapat lima. Klo ga salah yaaa, soalnya waktu itu ditraktir Indah, hehehe. (Makasih Indah! ^^)
 
2.       Habis dari Gyeongbokgung Palace, panas dan kehausan kita mampir di taman yang terletak di samping Gwanghamun Square. Bukan taman sih sebenarnya, tapi banyak bgt stall jualan di situ, jadi kita mampir pingin beli minuman. Sedikit saran, dari semua minuman yang dijual, jangan pernah beli minuman kemasan jus tomat. Menurut teman yang nyoba, rasanya ga jauh beda dari saos tomat ABC yang diencerin dengan air. Errrr, jus sama saos beda tipis ya.




3. kue pup
3. Kue pup. Eh gw ga tau sih ini kue namanya apa, cuman bentuknya kayak pup gitu. Katanya ini kue yang terkenal di Seoul, sering muncul di drama2 korea, tapi gw ga tau (yang gw tonton di drama korea aktornya kaleee, bukan kuenya, ya kan? Ya kan? *excuse*). Gw baru tau kemarin itu pas disana. Jualannya di mobil gitu, jadi sepertinya mereka mobile. Bentuknya kecil-kecil. Rasanya sih buat gw so-so, masih mendingan kue ikan ahjumma kayaknya...
 
4. school food bloming mari
 
4. makanan di school food
4.       Makan siang pertama kita di Insadong! Saking laper, malas nyari2, akhirnya kita mampir di school food bloming mari. Resto pertama yang tertangkap mata, pas di area depan insadong dari arah Gyeongbokgung palace (abis makan, baru ngeh klo sepanjang insadong berjejer resto2 tradisional! Huhuhuhu). Disini kita pesen tteokbokki, kue beras dengan saus pedas dan aneka nasi yang dimasak dengan daging dan telur disajikan di hot plate. Maap, lupa namanya apa.. tapi rasanyaa enak siihh.. Oiya, makan di resto korea enaknya adalah, gak perlu pesen minuman. Karena udah disediain air putih (dingin dan hangat) di semua resto, kita tinggal ambil sendiri aja. Lumayaaaan bangeett inii buat hemat biaya makan. Air-nya pun bebas ambil sesuka kita, kadang kita suka refill botol minuman jika diperlukan buat bekal perjalanan.
 
5. Yang mau ke Namsan Tower, saran gw, mendingan makan dulu deeeh daripada kelaparan disana.  Selain harganya yang mahal, restonya cuman dikit ternyata di namsan tower itu. Dan walaupun Namsan Towernya buka sampai malam, tidak demikian dengan resto2 itu. Huhuhu. Akhirnya karena kelaparan, gw dan teman2 nekat keluyuran tengah malam di myeongdong dan nemu warung kecil yang buka 24jam! *sujud syukur* Demi keamanan perut, akhirnya kita pesen ramen (yang kayaknya ga jauh beda dengan indomie kuah pake telor...) seharga 3000 won. Mending ga usah dirupiahkan daripada sakit hati ya, hahahaha. Seperti makanan korea pada umumnya, ramen pun disajikan dengan kimchi. But you know what, porsinya gede dan rasanya enak!
 
6.       Makan bibimbap di resto Korea yang ada di Nami island. Bibimbap ini ternyata semacam set menu, jadi kimchi, nasi, soup dan sayuran serta bumbunya disajikan sendiri-sendiri. Tergantung kita mau meramunya jadi macam apa. Rasanya sih lumayan, apalagi gw tambahin abon sapi yang temen gw bawa kedalam bibimbap gw, hahahhaha. Enak! Bibimbap rasa abon sapi, heheheh. Hmm, mungkin menu ini akan jadi hits klo orang Korea mau nyobain? Hahahah.
 
6. original bibimbap
6. bibimbap pake abon :D
 
7. mie dingin dan gunting -__-
7.       Selain bibimbap, temen gw order mie dingin. Penasaran katanya. Dan ternyata mie itu disajikan dengan es batu lhoo. Sampai es itu mencair dan jadi mie kuah. Udah gitu, mienya tebel-tebel dan panjang. Dan pas penyajian, waiternya ngasih sumpit dan gunting. Awalnya temen gw bingung, buat apaan gunting? Setelah nyobain mienya yang kenyal, ternyata yaaaa, itu gunting buat motong mienya saking kenyal dan panjangnya. Astagaaaa .... itu guntingnya gede lagi, syereem. Rasanya? Seaneh guntingnya... T.T
 
 
8. ayam goreng ahjumma
8. Ayam goreng ahjumma. Abis nonton Nanta show, kita nongkrong nyemil di salah satu kedai ayam goreng di Hongdae. Cemilan awalnya semacam lobak yang dipotong dadu, sama keripik, sembari nunggu orderan kita keluar. Kita pesen satu porsi ayam goreng, buat dimakan bareng berlima. Satu porsi itu sekeranjang penuh, ayam crispy gitu. Eh, ga jauh dari kita ada cowok dan cewek, yang sepertinya pacaran, dan mereka juga pesen porsi yang sama dengan kita buat dimakan berdua doank. Dan habis! Masih nambah kentang goreng pula mereka! Hahahah.. amazed banget gw.

9.       Makanan halal di Seoul? Go to itaewon! Banyaaak banget makanan muslim di area sini, mostly sih makanan india, semacam nasi biryani gitu. Tapi lumayan koq, rasanya juga enak. Buat lidah orang Indonesia, mungkin masakan ini akan jadi pengobat rindu, hehehe.
10.   Turkish ice cream!! Yang pernah nyobain ice cream ini di clarke quay singapore pasti tahu enaknya, tekstur ice creamnya lembut dan yang jual lucu, hehe. Ada juga lhoo yang jual ice cream ini di Itaewon...
11.   Ngafe di kafe-kafe skitaran Hongdae. Harga dan rasa ga jauh beda sama kafe-kafe di Jakarta. Muahal!
12.   Susu Pisang alias the famous banana milk. Ini enak banget banget! Cocok buat sarapan. Berharap bisa impor minuman ini ke Indonesia, hahaha.
Nahhh, kayaknya itu dulu yang bisa direview. Gak banyak sihhh dan gak semuanya makanan khas Korea juga. Makanya gw berharap bisa balik lagi dan nyoba makanan yang lain-lain disana, huehehehe. (yuk koor lagi..) Amiiinn. ^__^

Tidak ada komentar: