Pages

Mampir di Braga Permai

you can easily spot on Braga Permai along the street of Braga with this sign name
Salah satu daerah Bandung yang paling menarik buat gw itu ya Braga. Setiap kali gw main ke Braga, rasanya seperti memasuki time tunnel, kembali ke masa lalu dengan gedung-gedungnya yang cantik. Jadi pas bulan kemarin tau klo gw ada jadwal dinas ke Bandung dan stay overnight di Braga – I was excited! Biasanya dinas ke Bandung pasti day trip soalnya, saking deketnya ma Jakarta, hahahah.  Terpaksa stay overnight, karena keesokan paginya kita langsung ngejar jadwal ketemu klien di Pekanbaru. Jadi dari Bandung langsung ke Pekanbaru.

Anyway, setelah semua jadwal dinas selesai – si Bos mulai berisik nyari tempat buat makan malam. Oh iya, gw ke Bandung sama Bos Jepun, dan Beliau insist mau cari makanan khas Bandung. Yang ada orang cabang Bandung bingung, apa coba makanan khas Bandung? Ada yang ngusulin ke the valley – berhubung orang Jakarta paling sering kesana. Ada yang bilang ke Dago – hadeuh. Gw pun becandain si Bos, ke ampera aja gimana – makan lalapan, kan khas sunda banget tuuuh, hahahha. Sampe akhirnya BM Bandung ngajakin ke Braga Permai. Nah, gw pernah dengar tentang tempat ini, tapi belum pernah ke sini. Dan memang sebenarnya udah ngincer pengen dinner disini sih, hehehe.

Saking banyaknya usulan, akhirnya si Bos nyerah.
‘You decide’ – kata si Bos ke gw, pasrah. Hahahhaha, gw ajak makan ayam super pedes juga beliau pasti mau tuh. Sayang, gw gak setega itu. Jadi yaayy, akhirnya gw bisa mampir juga ke Braga Permai!

Kebetulan, kantor cabang ga jauh dari Braga, jadi ya emang pas banget. Braga Permai itu tempat makan klasik yang rasanya bisa gw sejajarkan dengan Restoran Oen klo di Malang. A classic place that becomes the symbol of your city. Seperti halnya Kusuma Sari di Solo, seperti itulah Braga Permai di Bandung buat gw. Tempatnya menyimpan sejarah yang membuat restoran ini jadi lebih dari hanya sekedar tempat makan. Konon, restoran yang dulunya bernama Maison Bogerijen ini pada masanya dulu adalah restoran paling elit di se-antero kota. Hanya para bangsawan Belanda dan para sosialita yang bisa mampir ke restoran ini. Tapi, itu dulu.

Bagian dalam resto yang sudah agak modern

some foreign tourist that stop by at Braga Permai

Sekarang, resto ini jadi tempat untuk kumpul bersama keluarga dan teman. Banyak juga foreign tourist yang mampir kesini. Harga dan rasa makanannya lumayan. Not extraordinary sih, but still OK. Menu yang ditawarkan sebenernya cukup komplit, ada local dan western menu. Tapi ya berhubung si Bos emang pingin makanan Indonesia, jadilah kita pesen menu-menu local biar bisa saling icip. And that’s not bad at all! Lontong cap gomeh gw enak. Sate ayam dan bumbu kacangnya recommended. Si Bos pesen gulai kambing yang katanya menu favorit di situ – dan katanya sih enak. Secara gw ga makan daging kambing, jadi gw ga icip menu itu. Yang bikin puas adalah porsinya itu sangat mengenyangkan! Katanya sih porsi nasi gorengnya luar biasa, bisa buat bertiga malah. BM Bandung bahkan wanti-wanti, jangan pesen nasi goreng klo gak laper banget, hahahha.

yummy cakes! I want it all!
Volcano - my dessert :)

Oiya, kue-kuenya juga sangat menggoda mata. Sebelum makan gw udah keliling restaurant dan nanya kue favorit di Braga Permai. Menurut si mbaknya, yang recommended adalah volcano. Jadi kue coklat dengan choco melted inside of it – yummy! Jadi pas si Bos nawarin buat pesen dessert – and he knows that I always have room for dessert walopun gw udah kenyang, hahahha – gw pun langsung order volcano. Sayang, ga sempet nyobain ice cream Braga Permai yang katanya homemade dan recommended.

Hmm, sepertinya harus mampir lagi ke resto ini, suatu saat klo gw ke Bandung lagi. Nongkrong di teras resto ini di tengah hari, sambil ngemil kue dan ice cream sembari ngeliatin orang lalu lalang di jalan Braga yang cantik itu seru juga kali yaaa. Put that on my list for Bandung!

Tidak ada komentar: