Pages

Jalan-jalan (on foot) in Singapore!!

Hehe. Judul tulisan ini sebenarnya merepresentasikan trip gw kali ini. Betul-betul acara jalan-jalan yang bikin pegeeell. Seriusan, rasanya klo ada orang yang nanya oleh2 dari singapore mana, gw kasih liat aja kali ya ukuran betis yg agak2 gak normal setelah 4days full dipake buat jalaaan mulu. Hahahaha.

What makes the trip difference? Karna ini prtama kalinya gw bener2 mencoba exploring singapore on my own foot. Keluar masuk MRT, naik bus, jalan kaki, definitely ngegembel. And I have plenty of times to do that. And friends as travel mate of course, at least klo nyasar ga sendirian, hehehe. Although it was my 4th visit to spore, but its been more than 1year since my last visit. So, yes, many things changes. Ada juga beberapa tempat yg memang jadi my 1st visit this time, karena gw blom pernah kesana sebelumnya.

Awal dari trip kali ini sebenernya udah bikin deg2an sih. Telat check in, telat boarding gara2 antrian yang supeerr panjang di imigrasi. Alhasil, lari2lah kita menuju shuttle bus bandara. Lari2 sambil bawa backpack gede, dibawah tatapan tajam para petugas air asia yg kesel nungguin kita kali ya. Gw, dengan pedenya masuk ke shuttle bus sambil cengar-cengir. Begitu gw masuk, pintu ditutup dan bus menuju pesawat. Yak, gw penumpang terakhir yang ditunggu. Huhuhu. Maafkan saya penumpang yang lain...(-____-)”

Untungnya the flight was super smooth. Almost no turbulence at all. Nyampe Changi, langsung cari arah menuju MRT yg adanya di terminal 2. Signs board was everywhere in spore, so dont worry to get lost. We’re heading to Bugis station, menuju hostel. Ohya, trip ini juga prtama kalinya gw stay di hostel at spore. The hostel was good, too good malah, karena gw ga ngerasa lagi ada di spore since everybody speaks in Bahasa! Yup, tamunya 88% gw rasa orang Indonesia, hahahah.

So, how was the trip? Here’s the hot spot that we visit there :

1. First nite tujuan utamanya apalagi klo bukan Marina Bay & Esplanade. Itu tempat favorit dan ‘a must see’ place in spore dah, terutama kalau malam. Nite viewnya amazing. Awalnya, gw sudah menawarkan baik2 ke temen2 seperjalanan, naik MRT yuuk ke Esplanade. Dan temen2 gw dgn smangat menolak ide ber-MRT dan memilih jalan kaki. Oh baeklah. --Gw nyengir bahagia membayangkan tensoplast— Perjalanan pun dimulai dari Bugis, ke arah Victoria street, sampai ga sengaja ngelewatin Raffles Hotel, Suntech City, underpass City Link dan tunnel yg langsung nyambung ke dalam Esplanade. Tapi its worth enough, when we see the Marina Bay. Plus, seperti sudah diduga, kita bisa nonton konser musik gratisan di Esplanade karena lagi ada Mozaic Music Festival disana. Suasananya yahud bangett, denger musik keren, sambil ditemani nite view Marina Bay dan permainan lampu laser dari Marina bay sands. Oh btw, ngomong2 soal Merlion, lagi ada event Singapore Biennale 2011 dari Maret sampai May di sana, yg salah satu kreasi seninya berjudul ‘The Merlion Hotel’. Jadi si Merlion di depan Fullerton Hotel itu terpaksa ‘dikurung’ di dalam hotel. So, buat yg mau foto2, sepertinya mesti bersabar sampai ‘kurungan’nya selesai dehh...Nahhh, karena kita spent time long enough di Esplanade itu, kita baru pulang skitar jam 12an malam, disaat MRT sudah berhenti beroperasi. Cakep kaan? Alhasil, pulang jalan kaki lagi doonk, dengan rute yang sama. Lain kali, bawa tensoplast beneran agh... hehehe..

2. Science Centre Singapore, my 1st visit. $9 buat tiket masuk. Harga yg sebanding lah ya dgn semua pengetahuan dan fakta2 unik yang bakal kita temukan di dalamnya. Sama hal nya seperti petrosains di KLCC, singaporean beruntung sekali memiliki tempat semacam ini. But it need 1 day full to explore this place! Gw dan temen2 cuman menghabiskan 3jam disini, karena udah kelaparan, dan blm bisa explore semua area..sayang...

3. Chinatown night market. Tempat yg pas buat blanja pernak-pernik menarik sambil walk around. Sepanjang jalan, isinya toko2 kecil yg menjual pernak-pernik ala Cina. Sekedar saran, semakin jauh berjalan, semakin mungkin menemukan harga yang lebih kompetitif. In this case, berjalan jauh memang menguntungkan.. 

Clarke Quay di waktu malam

Clarke Quay di waktu sore
4. Clarke Quay. Tempat yang pas buat mengistirahatkan kaki sambil deg2an, liat orang ber ‘crazy jumping’. Pengen nyoba ‘dilempar’ ke langit2 spore? You should try this. Gw mendingan nonton ajalah, makasih. Mahal euy, buat bikin jantung deg2an gitu mesti ngeluarin $40. Di tepi sungai, pas di samping central, ternyata tiap weekend ada bazaar, smacam night market gitu. Seru sih, rupa2 barang yang dijual, mulai dari baju, souvenir, sampai aksesoris. Cuman, harganya agak2 mahal yaa, not recomended buat dibeli. Cukup diliat2 aja, sambil nginget2 isi dompet yang menipis, hehehe.. :D Ohya, another ‘a must try’ food klo ke clarke quay, cobain turkey ice cream. Rasa ice creamnya lembut banget dan yang jualan lucuuu. Only $3 for cone and $5 for cup. Worth enough I said.

5. Orchard. Kesini 2x, pas malam dan sore hari. Blanja, yaa di lucky plaza ajalah yg masih kejangkau ma dompet. Klo yg lain2 mah cukup cuci mata. Kita sempet makan makanan korea di food republic nya Wisma Atria disini pas malam2, lumayaan enak dan terjangkau lah. Dari semuanya, yang bisa ngabisin kimchi (smacam sawi putih yang dibumbui ala korea, rasanya mirip asinan in some different way) cuman si Nina. Kita udah nyengar-nyengir ga karuan ngerasain kimchi,eh dia bilang mirip asinan di rumah nya... (-___-)” Oh ya, di underpass dari ION ke Tangs juga banyak toko. Temen gw menemukan foto pemain korea pujaannya di underpass ini dan langsung histeris minta foto. Pelajarannya : buka mata dimanapun kita berada, bahkan di underpass sekalipun.

6. Raffles Place. Ini sebetulnya, central business district singapore. Semacam SCBD klo di Jakarta. Alasan kesini pas hari senin adalah pingin liat orang2 spore ngantor. Duuhh, gimanaaaa gitu rasanya melihat cowok2 itu dengan pakaian kerjanya yang rapi, hihihi.. Sekalian gw pingin ngeliat Head office regional gw yg memang ada di daerah ini. –ga mau rugi—hehehe. Sempet mampir di Lau Pa Sat, semacam hawker centre atau pusat jajanan serba ada gitu, asik2 sekali menunya. Tapi karena masih pagi, kita cuman nongkrong sambil minum teh tarik, seharga $0.9. Ohya, satu hal yang bikin kita amazed dengan CBD ini, adalah tamaaan yg ada dimana2. Senangnyaaa bekerja dikelilingi taman2..

7. Vivo City – Sentosa Island. Also my 1st visit. Ini satu paket, ga bisa gak. Menuju Sentosa, kita mendingan pakai monorail yg ada di Vivo City, cukup $3, bisa buat bolak-balik-muter2 ampe puasss. Tapi, jangan salah ya, saking gedenya, kita sempet nyasar ke Harbour yg menuju Batam, hahaha. Di Sentosa, berhubung smua wahana bayar, jadi kita milih wahana yg ‘wajib’ ditonton aja, yupp.. ‘song of the sea’. Ada 2x pertunjukan stiap harinya, yakni jam 7.40pm dan 8.40pm. Pertunjukannnya sih baru mulai jam 7.40pm, tapi udah pada ngantri dari jam 6pm...Daaan, thanks to Indah yg rela ngantri di depan pagar, kita jadi orang pertama yg masuk ke arena song of the sea, yayyy!! Niat mau beli popcorn di sana, kirain harga $5, udah pakai acara patungan , seorang $1 (secara rombongan gw ber-5). Ehhh, bgitu nyampai tukang jualan, harganya trnyata $7.5. Mikir deh, kalkulator jalan, popcorn seharga 50rb lebih koq rasanya ga rela... ya udahlah, ga jadi, huhuu. Tengsin, udah nyampe yg jualan, ternyata duitnya kuraaang.. Balik dari Sentosa udah malam, kita sempetin liat harbour view dari atap Vivo City. Kereeeen sekalee liat kerlap-kerlip lampu kapal tanker di kejauhan. Nice hot spot to see nite view neh selain marina bay.

8. Little India-Mustafa. Niat kesini sebenernya dadakan. Berhubung malam terakhir koq kayaknya sayang klo langsung balik hostel, akhirnya menuju tempat belanja 24jam lah kita. Seriously, ini tempat belanja paling mantap se-singapur. Klo gw disuruh milih, ini lebih oks daripada Orchard!! Simple, tempat ini jauh lebih terjangkau dompet gw daripada di Orchard, nyehehe. All you can find here lahh. The best place to shop in town, asal ga alergi ma orang2 india aja...

9. Bugis Street. Nahh ini karena deket dari Hostel. Ada 2 hal yang bikin tempat ini keren buat gw. Pertama karena disini adalah tempat yg tepat buat beli oleh2. Bakal kaget deh sama apa yang bisa kita bawa pulang hanya dengan $10. Kedua karena disini ada duren enak seharga $5. Mantaap. Lebih muraah oi daripada duren di KL. Bwahahaha.

Pelajaran yang bisa diambil dari trip nge-gembel ini :

• Tensoplast, kayu putih, alat pijet listrik klo perlu should be on my list next time I wanna go backpacking aka ngegembel gini. The Most Memorable moment adalah pas balik dari Mustafa jam 2pagi. MRT dah habis, Bus ga ada, taxi ga mau ngangkut kita ber-5 ( bayangin di indonesia, yg bajaj aja bisa ngangkut 6 orang asal muat!!), ditambah kita stuck di daerah little India yang agak2 bit scary ngeliat pandangan cowok2nya. Satu2nya cara adalah kita liat peta dan memutuskan untuk berjalan kaki!! Nina yg udah ga sanggup jalan akhirnya naik taxi ma beng2, smntara gw, Indah dan satu teman gw si El, memantapkan hati jalan kaki jam 2 pagi buta. Awalnya ok, karena msh ada toko2 yg buka di spanjang jalan, sampai ketika kita lewat daerah HBD (smacam kompleks perumahan/apartemen) yg sepiiii dan gelaaaapp. Gw, serius, jalan kaki sambil baca Al-fatihah. Setiap kali ada bayangan ga jelas di tengah kegelapan, udah deeg2an aja. Tiap liat peta, pingin maki2 yg bikin peta koq jalannya panjang amat ga nyampe2. Ga kebayang rasanya waktu menemukan jalan besar ke arah hostel, legaaaa bangett!!!

• Foodcourt favorit kita slama disana : banquette. Murah, plus yg penting: halal. Sekali makan sama minumnya paling $6. Udah kenyang, enak, dan tenang. :D

• EZ Link berguna bangett selama di spore. Kmana2 naik MRT atopun Bus, tinggal tap aja. Modal nge gembel yg sangat berharga!

• Uang receh $1 di spore bisa buat beli ice cream yg dibungkus roti. Murah dan enyak, kombinasi yang bikin ketagihan. Die die must try klo kata orang spore..

• Cemilan enak nan murah: old chang kee. Nemu jajanan ini di Bugis Junction, dan langsung kalap. Sotong goreng nya syadaaap. Hehehe. Di Senci juga ada sih, cuman ga yakin sama harganya gw..

• Tiap kali berpindah jalur MRT, waspadalah! Siapa tau nemu toko2 kecil yang jual baju2 murah meriah di underpass penghubung MRT. Gw dan teman2 nemu baju2 dijual sharga $5, dan bahkan $3, tas2 keren sharga $15!! Mupeeengg gilaaaa... :D

• Pas ke Universal Studio, ada semacam fountain yg diberi nama ‘The Lake of Dream’. Gw dan teman2, iseng2 nyoba ngelempar koin ke dalam fountain ini sambil make wishes, dan berharap the dreams comes true. Yaah, macam di Roma itu lohh. Percaya ga percaya, tradisi lempar koin ini yg gw lakukan ketika pertama kali gw ke spore. Bedanya waktu itu gw lempar koin pas lagi di depan Merlion. Dan pssttt, the dreams indeed comes true lohh! :D

Satu hal yg blum terwujud dalam trip kali ini : liat nite view dari atap Marina Bay Sands. Hiks, saking penuhnya jadwal dan pegelnya kaki. Well, gw melihatnya sebagai alasan lain untuk balik ke spore next time... hahahaha.. :D