Pages

Drama di Airport


#Europetrip tahun ini membawa gw berkeliling tiga minggu ke delapan Negara : England, Scotland, France, Switzerland, Austria, Hungary, Czech Republic, and Netherland. Belum termasuk transitnya. Karena gw naik Etihad Airways dari KL, jadi gw harus mampir ke KL dan Abu Dhabi dulu. Selama perjalanan itu, gw naik segala jenis transport mulai dari pesawat, bus dan kereta untuk berpindah dari satu Negara ke Negara lain. Eh paling enak naik apa sih? Klo ada yang tanya kayak gini, jawaban gw ‘naik apa aja, yang penting murah’, hahahahha.

Tapi dari semua jenis transport itu, percayalah, yang paling ribet memang naik pesawat. Karena rata-rata airport ada di pinggir kota sehingga jarak tempuhnya cukup jauh, antrian masuk detector gate di beberapa airport yang kadang menguji kesabaran, belum lagi antrian imigrasi yang bikin deg-deg an, membuat total waktu yang dibutuhkan untuk passed all of those procedures bisa dua-tiga kali lipat dibandingkan kalau naik kereta atau bus.

Saking ribetnya, gw mengalami beberapa drama yang semoga berguna kalau di-share disini. Pas ngalaminnya sih ga enak dan deg-deg-an, tapi sekarang jadi pingin ketawa sendiri dan geleng-geleng kepala kalau diinget-inget.

1).  Soekarno Hatta International Airport
Iya, baru berangkat dari Jakarta aja udah ada drama. Jadi gw dan seorang temen naik maskapai kebangsaan backpacker (tau lah yaaa) yang tiba-tiba one day sebelum berangkat me-reschedule jadwal depart kita ke KL. Dari yang semula jam 18.35 (ini estimasi sampe KL 21.35 dan sampe hotel sekitar 23.00) menjadi jam 10-an malam gitu (kebayang dooong mau sampe hotel jam berapa? Ngapain juga book hotel klo sampenya subuh, huhuhu). Dan karena gw lagi hectic untuk hand over kerjaan kantor (yang bakal gw tinggal for three weeks) jadilah temen gw yang berbaik hati tek-tokan ma travel agent sekaligus maskapainya. Even on the day of departure, gw ga tau sebenernya bakal jalan jam berapa, kacau banget ga sih, hahahha. Anyway, ternyata temen gw berhasil nego ke airlinenya to give us earlier schedule ke sekitar jam 7 malam. Well, better than jam 10 an malam lah ya.

Eh, ndilalah, drama lain muncul : bagasi yang dibawa masuk ke kabin ditimbang doong ma mas-mas ground staff nya. Jreng. Wakaakak. Bagasi dan tas ransel gw ditotal bisa 8kg sedangkan temen gw berat kopernya aja bisa sampai 10kg. Yang mana, dua-duanya overweight, secara batas maksimal barang yang bisa dibawa masuk ke kabin hanyalah 7kg per orang. Mulailah jurus negosiasi dikeluarkan.
Gw : ‘Mas, kan kita beli tiket tiga orang, jadi harusnya jatah kabin baggage kita 7x3 dong ya?’
Masnya : ‘ Gak bisa mbak, dihitung berdasarkan yang terbang aja’
Gw : ‘Klo isi koper dikurangi biar sampe  7kg, bisa masuk kabin berarti kan?’
Masnya : ‘Tapi isinya harus ditinggal disini ya Mbak, ga bisa dibawa terbang. Klo cuma dipindahin aja ke ransel, ya gak bisa. Pokoknya total barang ga boleh lebih dari 7kg’
Gw : ‘Yaaa, masak gitu sih mas?’ – mulai kehabisan cara hahahha
Long story short, akhirnya terpaksa beli bagasi on the spot yang sebenernya out of budget. Hiks.
Lessons learned : Hitung baggage weight  yang mau dibawa masuk ke kabin klo naiknya budget airlines. Oiya, klo punya duit dan ini penerbangan penting, better cari yang ga gampang reschedule jam terbang.

2). Abu Dhabi International Airport
Sebenernya pas mau depart ke London dari KL udah nyiapin mental kalau-kalau bakal ketemu sama pemeriksaan yang aneh-aneh. Pengalaman gw sih, pemeriksaan di KL kadang-kadang lebih strict daripada di Singapore. Apalagi tujuan gw kali ini London. Eh ternyata di KL smooth banget, mulai berasanya malah di Abu Dhabi. Jadi kan pas transit di Abu Dhabi, kita masuk lounge yang mesti ngelewatin metal detector lagi. Gw dan seorang temen yang bawa ransel gede disuruh masuk ke antrian berbeda, sementara temen gw satu lagi yang cuma bawa tas kecil boleh langsung masuk lounge. Nah, gw ke London ini pas baru aja berlaku peraturan kalau laptop atau alat elektronik lebih besar dari handphone dilarang masuk ke kabin for flight ke US, jadi harus masuk bagasi.

Bener aja, begitu sampe di depan petugas, dia minta gw untuk keluarkan semua barang elektronik yang gw bawa. Semuanya. Tanpa terkecuali. Jadilah segala macam handphone, dan power bank gw keluarin. Kebetulan gw bawa handphone dua, yang satu nyala, dan satu lagi habis battery nya. Yang habis battery-nya emang cuma bisa berfungsi kalo connect ke wifi karena jarang gw pakai juga. Ehhh ditanyain dong sama petugasnya. Dia sampe nyecar segala, kenapa handphone yang ga nyala gw bawa-bawa segala. Gw jelasin klo handphone yang ga nyala itu paling gw pakai buat foto doang. Tapi kayaknya petugasnya penasaran, jadi handphone itu dibongkar-bongkar, dicek bolak balik, battery nya dikeluarin, dicek lagi, begitu terus sampe gw bosen nunggunya. Hampir gw nanya ke petugasnya ‘puas?’ pas dia balikin handphone gw, hahahha. Untung petugasnya baek, dia balikin sambil nitip pesen, ‘lain kali handphone klo jarang dipakai ga usah dibawa-bawa ya’. Diihhhh, situ siapa ngatur-ngatur gw? *drama-mode-on*
Lessons learned : Make sure semua hape nyala klo lagi on the ground.


3). Heathrow Airport

Hello Heathrow!!
Ini gak drama-drama banget sih sebenernya, cuman karena ini pengalaman pertama melewati imigrasi di Europe dan kita landingnya langsung di Heathrow jadi agak deg-deg an. Untungnya pas kita landing, dapat wifi dan bisa komunikasi dengan temen yang udah sampai di London duluan. We just follow their message biar lancar urusan sama petugas imigrasi.
  • Jangan kepisah sama temen se-group pas di antrian imigrasi
  • Klo maju ke petugas imigrasi, maju barengan aja segroup, jangan sendiri-sendiri
  • Kumpulin passport di satu orang, cukup orang itu aja yang ngomong sama petugas imigrasi.
Sebelum giliran maju, gw dan temen-temen udah nyiapin semua bukti booking hotel dan kereta kalau diminta. Itinerary, sekaligus tiket keluar dari UK. Berharap everything  going smooth dan ga ada masalah. But you know, imigrasi itu memang penuh misteri. 


Mas imigrasi : You’re in a group? – sambil ngeliatin gw dan temen-temen
Gw : Yes, we are five. The other two already arrived yesterday, and three of us arrived today.
Mas Imigrasi : What is your relation?
Gw : She is my college friends (sambil nunjuk ke salah satu temen gw) and she’s a friend I met in travelling community
Mas Imigrasi : How long you will stay here?
Gw : About a week. We will leave to France in next Friday by bus.
(sambil ngecek itinerary dan segala macam tiket yg udah kita siapin).
Mas Imigrasi : OK
Udah lah ya kita disuruh finger scan gantian. Disaat gw pikir everything is okay, eh ternyata mas petugas ngecekin arrival form yang kita isi dan ngomel-ngomel dooong karena kita ga lengkap ngisinya. Gw dan temen gw cuman ngisi ‘employee’ gitu doang di kolom occupation. Daaaan dia pengen kita nulis detail dong, sampe nama departemen segala. Haiaahh.

Well, the good news is, lumayan smooth juga prosesnya. Dan salah satu temen gw yang berjilbab juga ga pakai dicek atau gimana-gimana, tadinya sempet mikir yang aneh-aneh karena after Brexit kan London agak-agak gimana gitu. But it turns out just fine. Alhamdulillah.
Lesson learned : Isi dokumen imigrasi dengan lengkap, seksama dan terpercaya #halah.

4). Geneva Airport
Naik budget airlines dari Geneva demi bisa sampe di sini : Vienna!
 Gw dan dua temen naik Easy Jet dari Geneva ke Vienna. Kenapa Easy Jet? Yaaa karena itu yang sesuai dengan budget kita aja. Geneva-Vienna itu sekitar 1.5 jam, more less mungkin jaraknya sama kayak Jakarta-Surabaya mungkin ya. Berapa harga tiket yang kita dapat? CHF 60 for three people. Sekitar 270 ribuan rupiah per orang. Lumayan banget ya? Hehehe. Tapi jangan salah, harga segitu karena ga dapet bagasi. Karena pengalaman kena baggage charge pas di Soeta akhirnya kita decide untuk beli baggage. Cek di website Easy Jet, baggage allowance buat satu orang sekitar 20kg. Asumsinya koper kita bertiga harusnya 40kg mah cukup ya, jadi beli baggage cukup dua orang aja. Kita ga tau kalau Easy Jet menghitung bagasi dari qty barang bukan weight nya. Alhasil pas udah di depan counter check in, baggage yang diterima cuman dua, dan koper gw terpaksa di tolak masuk bagasi. Jreng.

ransel dan koper teman berkeliling Eropa tiga minggu
Komplen lah kita ke petugas check in. Kan kita beli bagasi 40kg, total koper bertiga ga sampe 40kg, jadi harusnya bisa dong. Petugasnya tetep keukeuh menolak bagasi gw, cuman mau terima dua bagasi temen gw, karena yang beli kan cuma dua orang. Ishh, sebel. Tapi habis itu, petugasnya bisik-bisik ngasih tau ‘I have to charge you fee if you put baggage here. Later on, when you want to boarding, please tell the officer to put your luggage in baggage, it should be free, ok? ’ – gw ngangguk ngangguk doang saking gak tau mau ngomong apa. Pas kita udah kelar dengan segala urusan check in, petugasnya ngingetin gw lagi ‘Remember, only when you’re going to boarding’.

Begitu gw masuk ruang tunggu, lumayan amazed liat ukuran tas orang-orang yang mau boarding. Gede-gede banget, hahaha. Easy Jet itu emang punya policy yang agak unik. Tiap penumpang hanya boleh membawa satu baggage ke kabin, terserah beratnya berapapun, selama penumpang itu sanggup mengangkat dan memuat barang tersebut ke dalam kompartemen bagasi pesawat. Jadi selama ukurannya muat dengan bagasi kabin pesawat mau berat berapapun ya gak apa-apa. Beda dengan Air Asia yang malah dibatasi beratnya, bukan quantitynya.

Sesuai saran mas petugas check in, pas boarding officernya muncul, gw langsung minta luggage gw masuk bagasi. And yes, it was free, hehehe. Boarding officer cuman ngasih gw sticker yang harus ditempel di koper. But then, gw agak was-was. Jangan-jangan ntar koper gw ketinggalan. Jangan-jangan ntar ga jadi satu sama koper temen-temen gw yang udah masuk bagasi duluan. Untungnya, temen gw bawa tas doraemon, sebut saja begitu. Soalnya tas nya gede banget dan muat apa aja, hahahha. Jadi biar koper gw bisa masuk bagasi, tas ransel gw harus ‘dilenyapkan’. Gimana caranya? Bongkar isinya dan masukin sebagian isinya ke tas doraemon temen gw itu tadi, heheheh. Yang penting, tiap orang hanya bawa satu tas, beratnya berapa aja ga masalah. Jadilah gw ma temen gw mojok di sudut bandara yang ga dilewatin orang demi menata ulang tas, hahahah.
Lessons learned : Jangan lupa bawa tas doraemon klo naik Easy Jet. Klo jalan sendiri, sebisa mungkin semua barang bawaan muat di satu koper.


5). Schiphol Airport
 Nah, drama dari segala drama, kejadian pas kita udah mau balik ke Jakarta dari Amsterdam. Sesuai pengalaman pas masuk ke Eropa, kita bertiga langsung maju ke petugas imigrasi dan gw pun menyerahkan tiga passport ke petugasnya. Ada kali lima menit petugasnya sibuk bolak balik isi passport kita bertiga dan kemudian menatap kita dengan bingung.
Mas petugas : When you entering Europe?
Gw : Two weeks ago, on May 13th
Mas petugas : Where is your entry point?
Gw : French. We leave UK around 10 pm on May 12th by Bus, so I think we entering French around May 13th in the morning.
Mas petugas : Do you have the bus ticket?
Gw : Sorry, we don’t keep the ticket. I have it in my email but I couldn’t get internet here.

Drama terakhir when we leave from Amsterdam..
Gw mulai was-was takut ada yang salah dengan visa schengen kita karena memang waktu masuknya dibuat pas banget sama Embassy.  Gak lama, si petugas manggil temennya dan ngomong sebentar trus langsung noleh ke kita ‘follow my friend’ sambil nunjuk temennya yang ternyata udah megang passport kita bertiga.

Deg.  Itu pertama kalinya gw masuk ke ruangan khusus di imigrasi. Ruangannya kecil dan kita dipersilakan duduk dan menunggu disitu. Temennya mas petugas (yang untungnya cakep) nanyain tiket bus lagi ke kita dan gw jawab hal yang sama. Karena itu udah dua minggu yang lalu, kita pikir gak bakal butuh lagi, jadi semua tiket kita masukin bagasi dan ga disimpen. No one knows kalau pas mau pulang aja, imigrasi masih nanyain tiket. Temennya mas petugas akhirnya menghilang dan nyuruh kita nunggu sampai dia balik.

Gak lama sih sebenernya. Kita nunggu sekitar 10-15 menit. Tapi gw dan temen gw udah deg-deg an, kebayang yang aneh-aneh, karena emang imigrasi lagi strict banget kan. After 10 min, temennya mas petugas balik sambil bawa passport kita dan cuman cengar-cengir.
Temen mas petugas : Everything is OK (sambil balikin passport ke tangan kita)
Gw : So, what happen?
Temen mas petugas : I found your data in the system. You are right, you guys entering French on May 13th. So it’s OK. But next time, you need to get stamp to enter EU, you know that UK is not part of EU anymore.
Gw : We know. But no one told us that stamp is required to enter EU from UK. Everyone on the bus also didn’t get the stamp.
Temen mas petugas : I know, I know. You guys maybe the thirteen case that we got today with the same problem (sambil pasang muka bosan tapi ga tau harus ngapain gitu).
Gw : Seriously?
Temen mas petugas : Yes. So, please have  a safe flight (sambil tangannya nunjukin pintu keluar, biar kita ga ngeyel lagi kayaknya, wkwkw).
Untung cakep kaaan, jadi ga papa lah. Later on, pas ngecek passport, ada correction stamp lengkap dengan tulisan tangan tanggal masuk kita ke EU.
Lesson learned : Keep calm kalau terpaksa masuk ruangan khusus di Imigrasi. Tunjukin semua data ke petugas apa adanya, jadi mereka tahu kalau kita willing to cooperate.

Overall, memang mesti nyiapin mental untuk crossing border antar Negara klo pakai pesawat. Karena bisa muncul drama-drama tak terduga. Tapi at least, dramanya jadi bisa dishare biar gak kejadian lagi next time. Keep travelling! (and hopefully, no drama) ^^ 

Tidak ada komentar: