Pages

Free things to do in London #1 – Nongkrong di stadion pas live match


‘Mau nonton Arsenal gak?’

Pertanyaan iseng ini muncul dari temen seperjalanan pas lagi ngomongin jadwal ngukur jalan di London. We was like, eh serius niy nonton bola? Seru juga kali ya nonton premier leagues live – yang biasanya cuman nonton di tipi doang. Semakin semangat pas tau lawan Arsenal adalah Man United, satu-satunya team premier leagues yang gw cukup familiar with. But then excitement itu ga berlangsung lama, pas tau harga tiketnya. Maklum, modal jalan mepet banget.

Akhirnya demi mencari pengalaman yang #Londonbanget, kita sepakat untuk tetap datang ke Emirates stadium, hanya untuk melihat keseruan suasana di stadion. Sukur-sukur ada layar tancap di luar stadion #eh #Indonesiabanget. Sempet agak was-was karena to be honest, I am not a  football fan. Well, maksudnya kalau Persija maen di Jakarta pun, gw prefer to avoid the crowd, just in case. Fans bola di England lumayan terkenal dengan ke’fanatikan-nya’ , sampe-sampe mereka punya sebutan sendiri : the Hooligan. If you put this in google, definisinya ga begitu menyenangkan sih. For that reason, gw sebenernya ga begitu nyaman dengan kerumunan para pecinta bola, apalagi live match di stadion. Tapi berhubung penasaran, jadilah gw dan temen-temen naik tube menuju Arsenal station. Awalnya sibuk googling, how to go to Emirates Stadium karena tempatnya memang agak di pinggir kota. Tapi pas udah di tube station, temen gw melontarkan ide bagus : ikutin orang yang pake kaos Arsenal aja. Dan dia bener! Di dalam tube kita jelalatan, memperhatikan isi tube dengan seksama, dan begitu nemu sekelompok group dengan atribut Arsenal, kita ikutin mereka, hahahha. Dan kalau lagi live match gini, mendadak semua orang jadi saling kenal. Semakin dekat ke arsenal station, semakin banyak yang pakai atribut arsenal. Dan sesampainya di arsenal tube station, ternyata udah banyak polisi yang stand by untuk mengatur crowd, saking ramenya orang yang naik turun tube. Trus entah siapa yang mengkoordinir, mendadak sekumpulan orang itu nyanyi semacam lagu mars Arsenal pas waktu keluar dari tube station. Seru sih, walopun gw dan temen-temen cuman bisa liat-liatan sambil bingung karena terjebak di tengah-tengah crowd, hahahahha.

Arsenal underground station

Suasana dari tube station menuju Emirates Stadium


Atribut Arsenal yang banyak dijual di sepanjang jalan menuju Stadium
Segala macam jualan berbau Arsenal
Begitu kluar station, wahhhh banyak banget stan-stan berjejer jual segala macam atribut arsenal. Kali ini, kita ga perlu nanya arah, karena semua orang sepertinya menuju ke stadion. Jadi tinggal ikutin orang aja, hahahah. Jalan ga begitu jauh dari tube station, kita sampai di gedung gede yang mirip stadion. Di bagian depan, ada box tempat penjualan tiket. Orang-orang langsung naik ke arah stadion dan kelihatan beberapa orang yang berjaga di atas, kita pikir itu ngecek tiket jadi karena ga punya tiket nonton, kita pun berhenti. Di luar gedung, banyak orang teriak-teriak dan deketin kita nawarin tiket. Yaelah, ada juga calo tiket di London.

Tapi semakin lama nongkrong disitu, semakin penasaran. Masak Emirates stadium cuman gini doang? Apa ini bagian belakangnya ya? Maklum baru kali ini lah gw datang langsung ke stadion pas live match, jadi beneran udik. Jadi gw iseng nanya sama Bapak-bapak yang lagi ngobrol ma temennya ga jauh dari gw sambil makan hot dog. Bukan, gw gak nanya soal hot dog nya.
Ga jadi naik karena kita ga punya tiket - ternyata petugas rompi oranye itu cuman ngecek tas bukan tiket -,-

Gw : Are you coming here to watch the game? (stupid question, I know. Ngapaen lagi lah ya mereka nongkrong di stadion kalo bukan nonton? Ga mungkin nongkrong cuman liat-liat kayak gw ya kan?)
Si Bapak bule (BL): Yes, we are arsenal fans. And you?
Gw : Oh, we just stopping by. By the way, is this the stadion?
BL : Yaa, ya. But the stadion is behind this building. You have to go through this building first.
Nah kan! Beneran ada lagi stadionnya, Pantesan dari tadi rasanya ada yang aneh, masak emirates stadium buluk banget.
Gw : Eh really? Can we go there? I mean, we don’t have ticket so..
BL : No problem, we also go there. You can follow us after we finish this. (sambil nunjuk hot dog yang tinggal se-lep langsung habis).
Gw : Seriously? Aww thank you! They don’t check the ticket to go there?
BL : No, no. Some officer will check your bag, but that’s all. No need ticket.
Oalahhh, jadi para penjaga di atas gedung itu ngecek tas bukan tiket ternyata.

Long story short, gw dan temen-temen pun ngekor si Bapak bule dan temennya menuju the real Emirates stadium. Ternyata kekhawatiran gw tentang fans footbal London itu ga beralasan, karena si Bapak bule baik juga. Bolak balik dia dan temennya noleh ke belakang, just to make sure kita ngikutin mereka. Dan begitu ngelewatin jembatan, jreng jreng, keliatan lah Emirates Stadium yang asli keren banget! Gw yang bukan football fans aja pas liat rasanya amaze banget, kebayang kalau fans arsenal datang kesini. Mungkin pingin meluk stadion saking kagumnya. Bapak bule dan temennya melambaikan tangan ke kita buat berpisah, sementara gw dan temen-temen udah sibuk lari-lari cari pose paling wuenak buat foto, heheheh.

Crossing the bridge to the Stadium

Makin rame yang datang dari jembatan
Suasana di Emirates Stadium sesaat sebelum pertandingan dimulai
Penonton yang antri mau masuk ke Emirates Stadium
Petugas Emirates Stadium
 Semakin lama-semakin rame yang datang. Seru banget liat orang-orang London yang pengen nonton livematch team kesayangan mereka. Apalagi ini live match dua team yang cukup terkenal di premier league: Arsenal vs Manchester United. Di sini lah gw menyadari betapa diversenya London. Macam-macam banget yang datang buat nonton bola. Tapi tetep aja akur kalau udah nonton team favorit mereka. Gw dan temen-temen pun ga punya pilihan selain puas dengan berfoto-foto di depan stadium sembari nunggu pertandingan dimulai. Dari luar stadium, kita bisa mendengar teriakan mereka pas bola mulai ditendang tanda pertandingan dimulai. Gw cuma bisa membayangkan, how it feels like to see the game from inside the stadium, hahaha.

our best pose : Nongkrong doang diluar stadium ahahahhaa
 Dan sayangnya, tidak ada layar tancep bagi yang gak kebagian tiket macam kami ini, sodara-sodara. Jadi ketika sekeliling stadion makin sepi, karena the game is on, kamipun beranjak pulang kembali ke tube station. Dan later on, gw baru ngeh, Arsenal menang 2-0 mengalahkan Man-U, dem!
*catatan dari mantan fans Man-U*

Tidak ada komentar: