Pages

Perpanjang passpor (less than) one hour service

Ini sumpah late post banget, hahaha. Jadi gw perpanjang passport sebenernya November 2017. I mean, it was like almost one year ago!! Dan baru update blog sekarang, yang semoga ga terlalu basi. Tapi barusan go through what I wrote in the blog five years ago, tentang passport one day service. Dan pengen nulis ini karena what I expected five years ago actually came true! Buat yang belum tahu, I wrote my renewal passport experience five years ago here. Buat yang males baca, lima tahun lalu  gw pernah nulis di blog gw, berharap renewal passport berikutnya bukan lagi one day service tapi one hour service. Dan surprisingly, it happened, hahaha.

Kesannya gw skeptis banget yaaa sama pemerintah, hehehe. Tapi mengingat ‘my wish’ five years ago came true, jadi pengen nulis buat self reminder to myself that ‘hey, the government really make some improvement. You gotta admit (and appreciate) that!’.  Jadi gimana ceritanya proses renewal passport gw tahun lalu?

Hemm OK, I try my best to collect my memories ya, since it was one year ago, almost forgot the details, to be honest, hehehe. 

October tahun lalu, untuk pertama kalinya Ditjen Imigrasi mengeluarkan peraturan cihuy : untuk renewal passport yang dikeluarkan di atas tahun 2009, cukup menunjukkan e-KTP dan passport lama. Begitu baca soal peraturan itu, gw memutuskan untuk mencoba. Awalnya gw confirm dulu ke Ditjen Imigrasi melalui socmed, dan bener mereka mengkonfirmasi bahwa kelengkapan dokumen yang dibutuhkan super minimalis. OK, gw akhirnya daftar perpanjangan passport lewat aplikasi mereka. Nama aplikasinya antrian passport, by the way. Awalnya sempet ada issue-issue kalau antrian passport di aplikasi selalu penuh karena banyak akun fiktif yang booking tanggal dan bikin hang aplikasi. Tapi Alhamdulillah banget, pas gw coba, lumayan lancar tuh walaupun waiting periodnya cukup lama. Gw nyari tanggal untuk perpanjang passport itu sekitar akhir October 2017, dan dapat tanggal yang kosong dengan lokasi kantor imigrasi dan jam yang gw prefer di tanggal 23 November. Jadi waiting periodnya sekitar tiga minggu lah, masih make sense buat gw yang pada waktu itu gak urgent-urgent amat butuh passport baru. 

Bukti reservasi jadwal renewal passport lewat aplikasi antrian passpor

Di tanggal yang ditentukan, datanglah gw ke Kantor Imigrasi Jakarta Selatan (yang paling deket lah sama kantor gw yg ada di bilangan Senayan). Cuman bawa e-KTP, passport lama dan bukti reservasi untuk antrian passport. Fotokopinya juga di sana, hehehe. Untung kantor imigrasinya cukup lengkap, hahaha. Pas datang, gw menuju ke semacam counter ticket gitu. Jadi ada petugas yang akan membantu ngecek dokumen kita (yang minimalis itu) dan ngasih kita nomor antrian. Nomor antrian akan terdisplay di layar informasi, jadi kita bisa monitor kalau memang sudah giliran kita. Ruang tunggunya pun cukup nyaman, karena tempat duduk yang tersedia lebih dari cukup, pada waktu itu ya. Gw datang tepat di jam yang disarankan, dan gw diminta menunggu sekitar setengah jam –an sampe nomor gw dipanggil. Begitu dipanggil, petugasnya cuman minta kita scan sidik jari (sepuluh-puluhnya kalau gw ga salah inget), ambil photo, dan cek semua data kita yang tersimpan di system mereka. Berhubung ini renewal passport, jadi basically data kita udah ada di database mereka. Gw cuman diminta cek nama, tempat tanggal lahir, alamat, etc. Dan begitu semua bener, voila, done!
 
No antrian dan berkas asli e-KTP & passport lama
Ruang tunggu kantor Imigrasi Jakarta Selatan yang legaaa 

Display nomor antrian yang bisa kita lihat di ruang tunggu
Ga sampe setengah jam lho semua proses itu. Ditambah dengan waktu gw nunggu nomor antrian dipanggil pun rasanya juga ga sampai sejam. Gw sampai meyakinkan diri gw sendiri waktu Bapak petugasnya bilang selesai. 
 “Udah niy Pak?”
“Iya mbak, udah selesai. Mbaknya tinggal bayar ya, nanti ambil passport setelah empat hari kerja.”
“Oh gitu ya. OK”
Gw pun keluar ruangan imigrasi sambil celingak-celinguk ga percaya, hahahah.

Long story short, gw bayar biaya renewal passport di bank yang ada di lante dasar kantor imigrasi. Biayanya berapa, silakan googling aja ya. Jauuuh lebih hemat daripada pakai calo yang jelas, hehehe. Dan gw bisa ambil passport setelah empat hari kerja dengan membawa bukti pembayaran. As simple as that. Ohiya kalau gak salah, ada formulir yang harus diisi kalau kita minta passport lama juga dikembalikan. Tapi ngambilnya juga gampang koq, cuman waktu antrinya aja yang malah lebih lama dari waktu gw apply passport, hahah. Tapi mungkin karena gw antri saat jam makan siang, secaraaa gw mencari waktu yang gak ganggu jam kerja. Maklum, karyawan baek-baek ye kaaan (yak, disambit orang sekantor abis ini, buahahaha).

Overall, gw puas! Konon katanya sekarang, imigrasi juga kerja sama dengan PT Pos Indonesia. Jadi katanya, kita ga perlu balik lagi ke kantor imigrasi hanya untuk ambil passport yang udah jadi. Hemm lumayan juga ya. Ada yang sudah pernah coba layanan kolaborasi Imigrasi x PT Pos Indonesia ini?

Oiya, secara wish list gw lima tahun lalu beneran kejadian, bisa proses passport in one hour service, jadi gw berharap semoga empat tahun kedepan, by the time gw harus perpanjang passport lagi, I don’t have to go to the immigration office. Semoga nantinya perpanjangan passport bisa lewat system digital yang bisa diakses dari mana saja, kapan saja. 

Apakah ini bakalan kejadian juga empat tahun mendatang? We will see :)
(tapi kali ini gw lebih optimis koq, dibanding lima tahun yang lalu, hehehe)

P.S : Gw perpanjang passport biasa, bukan e-passport. Karena pas waktu perpanjangan itu, blangko e-passportnya di kantor imigrasi JakSel lagi kosong. And I have no issue for that sih. Buat gw sama aja karena dua hal : gw lebih seneng passport gw dicap, instead of lewat e-gate yang ga ada cap-nya; dan gw udah punya multiple visa Jepang yang memberikan gw akses keliling Jepang 30day/visit dibanding visa waiver Jepang (untuk e-passport) yang hanya memberikan alokasi 15day/visit. Hope it’s explain!

Tidak ada komentar: