Pages

Chatting

Klo denger kata chatting, yang kebayang di otak gw adalah MRIC, asl pls, hahaha. Eh ga ya, itu mah jaman dulu bangett, wkwkw. Tapi, chatting di kantor baru gw ni sebenernya adalah sebutan untuk ngobrol2 ma bos jepang dengan alasan dan tujuan ga jelas. Jadi mungkin klo bos jepang lu lagi ga ada kerjaan, lagi suntuk ma kerjaan, pingin ngajak ngobrol seseorang tapi bingung mau ngobrol ma siapa, maka jangan heran kalau tiba2 dia ngajak lu chatting buat ngabisin waktu, hehehe. Well, sebenernya bos2 jepang saya berpendapat bahwa ngobrol2 dalam situasi informal bisa membawa hasil yang lebih baik, tapi menurut gw sih hasilnya sama aja, ga jelas, huahaha. So, inilah yang terjadi ketika tiba2 suatu pagi, bos jepang gw ngajak gw buat ngobrol ga jelas alias chatting. Heraaan doonk pastinya. Gak ada hujan, ga ada angin, tiba2 ngajak ngobrol. Bukan nya gimana2 ya, tapi gw bawaannya klo ngobrol 4 mata ma bos expat agak2 syereeem. Mana si bos Jepang gw ini terkenal agak2 gak sabaran orangnya, gampang ngomel2 dan super busy bin bosy, hehe.


Tapi, bos tetaplah bos. Artinya apapun yang dia minta, tetep aja gw mesti ikutin. Jadi, di waktu yang disepakati, jeng, jeng, datanglah gw ke tempatnya. Dan begitu datang ke mejanya, dia nanya : ‘emang klo ada orang yg mau ngobrol sama kamu, harus jelas ya mau ngomongin apa?’ dan gw cuman cengar-cengir di depan dia. Keliatan banget dia terganggu sama kengeyelan gw gara2 chat ga jelas ini. Hehehehe.

Dan, waktu gw nanya, topik chatnya apa nih. Eh, dia cuman dengan santainya bilang : “Nothing, just want to chat with you. Since you’ve been here for 6month, I want to know your progress”

Gw cuman bengong dan ketawa ngakak. “Is this kind of evaluation? Btw, i’m just 4month here”.

Dan giliran dia yang ketawa, begitu tahu klo dia salah asumsi. Yaelaahhh, 4 bln berasa 6 bulan? Gw mah udah berasa setauuunn kaleee. Hahahhaa. Yah,secara dia nanya begitu, jadilah ajang ngobrol2 itu menjadi ajang curhat gw. Maap yak bos, klo saya jadi nyampah kemarin itu, hihihi. Habis beneran deh, kerjaan gw agak2 membosankan. Job descriptionnya sih okelaahh, tapi kenyataannya, hadeuh. Dan hebatnya si bos jepang yang ga sabaran itu, dengan santainya mauu aja mendengarkan ajang curhatan gw sambil menjelaskan semua hal yang belum gw tahu. Dia mendengarkan dan kadang2 menjelaskan pelan2 sambil mencari kata2 yang mudah untuk gw mengerti. Orang2 bilang, dia menyebalkan dan ga sabaran, tapi kemarin itu buat gw dia malah seorang bos yang enak sekali buat diajak bicara. Somehow, dia mengingatkan gw akan Yamana san. Mantan Bos gw yang luar biasa sabarnya menghadapi kengeyelan dan kebodohan gw. Yamana san mau aja menjawab semua bbm gw tengah malam sekalipun, selalu mau bantu apapun yang gw minta, menjelaskan apapun yang gw ga tahu, dan ga pernah marah sekalipun ke gw. Atau kalaupun dia marah, mungkin dia ga menunjukkannya di depan gw ya. Hhhhh, kinda miss him, hehehe.

Dan kemarin itu, session chatting yang agak2 berbau curhat malah bener2 jadi ajang ngobrol ga jelas. Hahaha. Seumur2 baru kali itu gw bisa ngobrol ga jelas arah dan tujuan sama bos gw sampai 90menit dan ditengah2 jam kerja pula. Lucu aja, pas dia ngejelasin soal marketing dan tugas2nya, gw bisa tiba2 nyela nanyain soal karirnya. Dan tiba2 obrolan berubah jadi membahas dia, bahwa dia udah 18taon (tipically japanese...) di perusahaan itu, dan bahwa Indonesia adalah his 1st assignment di luar Jepang. Bagaimana dia belum pernah menggunakan bahasa inggris sebelumnya. Hahaha, yeah, you know Japan, everyone is sooo proud of their mother language. Bagaimana dia sempat stay di detroit, california USA for 10month pas ayahnya kerja disana. Soal keluarganya yang berasal dari Tokyo. Soal gw yang kepingin ke Tokyo, dan dia yahhh basa-basi nya bilang mungkin gw bisa dapat kesempatan kesana suatu saat nanti. Yeaahh, might be after 5 years stay kalee yaaaa. Itu juga klo beruntung, hahahaha.

Atau gw bisa dengan santainya cerita soal kebosanan gw. Trus dia mau aja gitu ikut mikir, gimana caranya biar gw gak bosan kerja, huahaha. Sampai dia mengusulkan, untuk bikin jadwal gw nongkrong ma marketing kapanpun dan selama apapun gw mau. Seriously, that’s funny! Dan, I should say, gw cukup menikmati acara ngobrol2 ma dia. Dan yah, dia bahkan mau aja ngubek2 file2nya yang setumpuk, cuman buat nyari data yang gw tanyakan. Begitu nemu, semua isinya dalam huruf kanji or whatever it is, yang jelas gw ga ngerti. Dan gw cuman bengong, karena ga ngerti juga apa maksudnya. Terus dia cuman ketawa2 aja ngeliat gw dengan kening berkerut ngeliat paper berbahasa jepang itu. Sial, lain kali gw kasih dia laporan pakai bahasa indonesia yah, biar tau rasa.

At the end, pas gw minta data yang sizenya 23mb, dan dia ga mau naruh data di network kantor karena katanya confidential. Jadi dia minta datanya disimpen pakai usb aja. Begitu gw bilang klo gw ga bawa usb, dia langsung bilang mau ngopiin pakai usb dia aja. hihihi. Mauuu aja lhoo dia nganter2 datanya ke meja gw pula. Sungguh, buat gw 90 menit itu koq kayaknya dia sama skali berbeda dari yang orang2 omongkan yaa. Gw seperti menemukan Yamana san dalam sosok yang berbeda. Sabarnya, willingnessnya to support me, bener2 mirip. Bedanya dulu gw berani teriak2 ma Yamana karena udah kenal lama, yang sekarang belum berani, hahaha.

Hemm. Jangan2 ya, kemarin itu bos jepang gw emang lagi ga ada kerjaan dan lagi labil aja sampe segitunya. Wahhh, klo dia nyadar, jangan2 dia nyesel lagi, mau aja nurutin apa yang gw minta. Hahahaa.

Tidak ada komentar: