Pages

KL ohh KL... [ Day 2 ]

Hari kedua jadwalnya adalah travelling around KL!! Hemm. Awalnya agak2 bingung, where’s place in KL which worth enough to visited? Ga banyak tempat bagus sebenernya di KL. Seorang temen pernah bilang, genting is a much way better than KL, itu gara2 saking ‘gersangnya’ KL akan hot spot for hang out. Masak sih? Setelah cari info, kita akhirnya memutuskan untuk jalan2 ke dataran merdeka, sekaligus ke Masjid jamek KL. Dari BB, kita mesti naik monorail dulu ke Hangtuah, dan ganti jalur LRT ke mesjid jamek. Di KL, ada beberapa jalur kereta, monorail, LRT, dan MRT. Beda jalur, beda stasiun. Jadi emang agak ribet, dikit. Sampai di masjid jamek, kita menuju ke dataran merdeka dulu. Panaasnyaaa booo, nyelekit.

Dataran merdeka sebenernya ga menarik2 banget. Yang membuat tempat ini terkenal, sebenernya karna pihak tourism Malaysia membuatnya jadi icon aja, jadi gw merasa ga lengkap ke KL klo belum ke dataran merdeka, wkwkkw. Arsitektur bangunan2 disini dipertahankan persis seperti dulu, dan agak2 bergaya victoria gitu, secara Malaysia dulu bekas jajahan inggris. Di dataran merdeka ini, ada tourism office nya, kita bisa minta free map disana, as many as you want deh. Nah berbekal map ini, akhirnya kita memutuskan untuk ke central market. Pasar seni yang katanyaaa ‘a must visit’ di KL. Berjalan – jalan di dataran merdeka ini sebenarnya menyenangkan, trotoar lumayan akomodatif buat pejalan kaki, gaya arsitektur bangunan nya pun masih gaya inggris banget, memanjakan mata dan lensa kamera lah pokoknya. Cuman satu masalahnya, matahari KL ampyuuun panasnya. Gw sampe memaksa temen gw untuk beli minuman dingin di 7-11 pinggir jalan, cuman biar gw bisa ngadem bentar, hehehe. Lumayan, ngadem tapi ga perlu beli apa2 *tips ngadem*. Central market sesuai namanya skarang jadi tempat pusat jualan barang2 seni dan kerajinan tradisional. Mau cari batik ala Malaysia? Disinilah tempatnya. Tapi gw lebih tertarik dengan makanannya sih, hehe. Ada satu kios snack gitu, yang gw pikir jualan makanan khas Malaysia. Eh waktu nawarin ke gw “ ini ada krupuk palembang, mau coba? “ teziiiiinggg... jauh2 ke Malaysia, masak iya yg gw beli krupuk palembang? Hiks.





Makan siang kita as alwais, foodcourt donk, murah meriah yang penting kenyang. Gw nyoba nasi ayam yang katanya ‘a must try’ klo ke KL. Rasanya? Yahh, mirip2 sama ricebowl lah klo di Jakarta, wkwkwk. Habis makan di foodcourtnya, gw sempet kehilangan travel mate gw, yang keasyikan belanja batik di central market! Alasannya beli batik adalah karena dia penasaran dengan Malaysia yg nge-klaim batik dari negaranya, so he wanna knows kayak gimana seehh batik Malaysia itu. Kirain harga batik di central market macam di Indonesia yang 100rb-an lah ya paling, eh ternyata harga batik disana paling murah bisa di angka 600rb an klo di kurs kan ke rupiah! Jiaaahhh, mahal cing!

Nahh, dari central market, karna udah waktunya sholat kita mampir ke masjid jamek. Di depan masjid, sebenernya ada tulisan, klo ga pakai proper dress, kita ga bakal boleh masuk. Tapi, niat nya kan mau sholat, masak iya ga boleh? Pede lah kita masuk. Baru menjejakkan kaki di dalam area mesjid, ada bapak-bapak bersurban yang melambai2kan tangan nya dengan gerakan mengusir. Eh buset, baru masuk udah diusir? Pas nyamperin kita, dia bilang “ its close. Time to visit is 2.30 (saat itu masih jam 2an)” ehhh, dia kira kita turis...trus temen gw pun bilang, klo kita mau sholat bukan cuman potret-potret doank. Dan si Bapak langsung nebak “ Indonesian?” hemm. Kita angguk2. Si Bapak langsung nyerocos “ Indonesian is always like this. I’ve told many Indonesian people like you. Bla bla bla...” intinya adalah gw dan temen2 gw tidak memakai pakaian yang pantas sesuai umat muslim seharusnya. Kalo kita tidak mengikuti perintahNya, maka Allah akan menjauhkan rahmatNya dari kita. Tapi si Bapak baik juga, walaupun ngomel2, beliau tetep membantu kami untuk sholat di mesjid. Tapi untuk bisa masuk ke mesjid, mesti pakai jubah karena pakaian gw ma temen gw yang ‘tidak pantas’ itu tadi. Well, fyi, gw dan temen gw sama2 pakai celana selutut. Karena pakaian kita ga tertutup, jadi harus pakai jubah. Getooo. Khusus buat gw, plus jilbab. Berhubung kita mau sholat, si bapak nunjukin tempat sholat dan wudhu nya diarah mana. Klo turis non muslim, cuman boleh potret2 di areal halaman mesjid, dan gak boleh masuk ke dalam mesjidnya. Untuk point ini, entah kenapa, gw bersyukur Istiqlal bisa menyambut siapa saja dengan agama apapun untuk masuk kedalamnya. At least, menurut gw, itulah tempat ibadah, rumah Allah yang bisa menyambut siapa saja dengan tangan terbuka, tidak membedakan agama. Anyway, it was a nice and worth experience bisa sholat di masjid Jamek.

Setelah sholat, rasanya legaaa banget. Next destination gw adalah jeng jeng : petrosains. Ini sebenernya adalah destinasi diluar rencana. Tapi karena kelihatannya bagus, gw sedikit “memaksa” temen gw untuk pergi kesana. Tiket masuknya 12RM per orang. And i should admitted, it worth every penny of it!!! Jadi tempat ini semacam lab knowledgenya petronas, kita bisa tahu step by step cara minyak dihasilkan, sains dipadukan dengan wahana yang mengasyikkan. Seru deh. Yang menarik adalah, ada satu tempat yg dibikin semacam kilang offshore, mulai dari tempat tidur para pekerjanya, ngapain aja di kilang minyak itu, dibikin persis sama. Wahh, nambah ilmu banget lah pokoknya. Saking banyaknya yang mesti dilihat, kita baru keluar dari petrosains menjelang tutup, hehehe. Klo ga tutup, kayaknya masih betah buat lama2 disitu. Komentar temen gw bgitu kita selesai dari petrosains : lebih menarik daripada jalan2 di mall!! Hahahaha.

Hari ke-2 pun selesai dengan kaki cenat cenut, karena seharian tadi muter2 di daerah dataran merdeka dan central market, plus 3jam lebih ngesot di petrosains. Tapi puaasss. Well, paling gak, ada juga koq tempat menarik di KL untuk dilihat :)

Tidak ada komentar: