Pages

Monggo, Becak Bu...


“Becak, Bu? Monggo kulo ter-aken ( mari saya antarkan)”
Sapaan itu menarik perhatian gw begitu keluar dari pasar klewer. Solo siang itu memang panas luar biasa. Berbekal belanjaan di tangan kanan dan kiri, dengan keringat bercucuran (ok, ini agak hiperbolis memang. But you’re not expecting there will be an air conditioner inside Pasar Klewer, rite?) rasanya naik becak untuk pulang adalah pilihan terbaik memang.

Eh, tapi tunggu dulu. Batik titipan dan oleh-oleh memang sudah aman di tangan, tapi kan gw masih belum beli makanan khas solo. Gak lama, intip, jenang dan brem solo sudah berpindah tangan dari si penjual ke tasku. Si abang becak yang tadi awal menyapa, kembali menawarkan becak-nya.
“Monggo, becak Bu. Mau beli apa lagi, saya tunggu juga gak apa-apa”
Gw cuma menggeleng-geleng singkat. Ya, gw mau naik becak untuk pulang, tapi nanti. Masih ada lagi yang mau dibeli, dan mama yang jalan bersamaku pun belum makan siang. Jadi, makan siang dulu mungkin ya, baru pulang naik becak.

Jadi, kuabaikan sapaan si abang becak. Nanti lah, pikirku. Toh, masih banyak becak yang lain di sepanjang pasar klewer.


Tak jauh dari situ, gw menemukan tas notebook dengan motif kain batik. Kebetulan, memang lagi butuh, hehe. Dulu pernah beli tas notebook batik seperti itu, di pujasera galabo depan pusat grosir solo, dan harganya hanya dua puluh ribu. Murah meriah kan? Tapi, begitu tanya harga tas yang kumaksud ke si penjual, guess what, di pasar klewer harganya menjadi lima belas ribu saja!! Hahaha. Gak berani nawar lagi deh. Satu, karena ternyata itu memang harga bandrol, ga bisa kurang lagi. Dua, karena its already below my expectation juga yaaaa. Sambil milih motif batik untuk tas yang mau kubeli, iseng mama nanya-nanya ke Ibu yang jualan, tentang tempat makan yang enak di sekitaran pasar klewer. Si ibu penjual menyarankan untuk nyobain nasi rawon di depan masjid gede, enak katanya. Lagi asyik ngobrolin tempat makan, tiba-tiba si abang becak nongol (dan ini si abang becak yang sama yang dari awal tadi nawarin becak!!) sambil bilang:
“Monggo Bu, Becak. Mau makan dulu, saya tunggu ya ndak apa-apa”.
Astaga!! Dari tadi si bapak tukang becak ini cuman nungguin gw ma mama keliling-keliling yah? Dari kluar pasar klewer, beli intip ma jenang sampe skarang beli tas batik. Ya ampyuuun.
Keukeuh klo kata orang sunda yah. Telaten banget klo kata gw mah. Si Bapak ini dari tadi sabar bangeeett ngikutin gw dan mama muter-muter di situ, beli ini itu, sambil tetep nawarin becak-nya dengan sopan. Padahal itu panaasss banget cuacanya.

Gw dan mama pun akhirnya nyerah. Setelah tawar-tawaran ongkos, kita minta dianterin ke tempat makan siang dulu. Apa aja, kita pemakan segala sih pada dasarnya, hehehe.
Si Bapak tukang becak, nawarin opsi,
“Ngresak-aken pundi (Maunya dimana), di warung apa rumah makan?” katanya.
Mama yang keliatannya sudah kepanasan banget, kayaknya butuh istirahat. Jadi, gw minta si Bapak anter kita ke rumah makan aja. At least, ber-AC, bisa buat mama istirahat sebentar.
Jadilah si Bapak nganterin kita ke rumah makan yang letaknya searah dengan arah kita pulang ke stasiun balapan. Nama rumah makan itu Kusuma sari. Kelihatannya sih sederhana, tapi begitu masuk, semua meja full. Rame banget. Padahal itu udah jam 2siang juga, udah bukan waktunya jam makan siang. Begitu dapat meja, agak kaget melihat menu dan harganya. Variatif dan affordable banget. Ada makanan tradisional semacam gado-gado dan selat segar. Atau makanan internasional semacam chicken steak hot plate yang harganya 11ribu saja. Gak heran, rame.

Rumah makan Kusuma Sari yang katanya legendaris itu

selat segar yang gw order :)

black forest ice cream ala Kusuma Sari

Gw pesen selat segar, mumpung lagi di Solo (Solo terkenal dengan beef slice pakai kuah which they called selat solo) . Mama pesen shrimp steak, karena mama emang suka udang. Sembari nunggu makanan, gw iseng nanya-nanya ke mama.
“Ma, koq mau ya si Bapaknya nungguin? Padahal kan kita lama disini. Tadi ngantri nunggu meja, saking ramenya. Terus belum  pesen makanannya, nunggu masaknya. Belum entar makannya. Mau aja ya dia sampe nunggu kita makan...”
Mama cuma menjawab singkat.
 “Susah nduk nggolek penumpang iku... (susah nak nyari penumpang itu..)”
Dan gw pun langsung terdiam. Deep inside, I know she’s right.

Tadi pas mau masuk ke rumah makan, mama nyuruh semua belanjaan dititipin di becak. Biar gak ribet bawa-bawa belanjaan. Gw sempet nanya ke mama, beneran yakin mau dititipin. Itu barang belanjaan hasil muter-muter sampe gempor di Pasar klewer lohh. Gak lucu juga klo tiba-tiba dibawa kabur sama si Bapak tukang becak. (bukan negative thinking, tapi pernah baca kjadian kayak gini di Jakarta. Barang hasil blanjaan buat Lebaran, dititipin ke orang bentar, begitu balik, orang dan blanjaannya udah hilang. Seriously, living in Jakarta for few years, made you preventive to all bad things that may happen). Bukan, bukan soal harganya. Tapi malasnya klo mesti muter-muter pasar klewer demi mencari barang yang sama lagi itu lho. Mama kan suka unik seleranya. Klo motif dan harga batik-nya gak sreg, ya muter pasar dari ujung ke ujung juga dijabanin.
“Gak papa Ma dititipin?” gw waktu itu bertanya meyakinkan mama.
Mama jawab “ Gak papa”.

Dan begitu gw keluar dari rumah makan, gw liat si bapak tukang becak nunggu persis di depan pintu. Nungguin gw dan mama. Mungkin maksudnya biar gw dan mama ga bingung nyariin dia kali ya. Daamn, gw jadi malu hati sendiri, sempet nyangka yang nggak-nggak.
Singkat cerita, kita dianterin ke stasiun balapan. Dan gw ga komentar apa-apa lagi waktu mama nyuruh gw ngasih si Bapak duit lebih dari ongkos yang disepakati di awal. I know that he deserved for that. Nunggu gw dan mama for hours di rumah makan, telatennya dia ngikutin kita pas di pasar demi dapet penumpang, semua itu only for lima belas ribu rupiah. Jarak pasar klewer ke stasiun balapan memang gak jauh, tapi what he did, worth more than that for me.

Later on, gw baru tahu klo rumah makan Kusuma Sari yang kita datengin karena dianterin si bapak tukang becak waktu itu adalah salah satu rumah makan legendaris di Solo. Dan menu yang wajib dicoba katanya adalah selat segar, which I ordered!  Oh my!! What a nice coincidence, haha.
Now, if people asked me, what’s good in Solo? Let me tell you this:
Naik becak, percayakan arah dan tujuan ke si bapak tukang becak, let him take you wherever he wants. Prepared to get lost! Hahaha. That might be, one small piece of experience that may last in your heart. :p

P.S: Pilih abang tukang becak yang jujur ya. Gimana milihnya? Trust your heart, you’ll know it.

Tidak ada komentar: